BREAKINGNEWS.CO.ID - Inovasi mengubah kehidupan kita sehari-hari. Ide-ide baru adalah kekuatan pendorong industri sepakbola untuk meningkatkan aspek kenyamanan, keamanan, dan kinerja bagi para pemain dan wasit di lapangan.

Beberapa waktu yang lalu, Fifa melalui channel resmi YouTube mereka, FIFATV, membocorkan tiga teknologi tersembunyi yang ada dibalik pertandingan sepak bola, tidak terkecuali pada Piala Dunia 2018.

Dan untuk pertama kalinya pada Piala Dunia 2018, FIFA akhirnya menggunakan teknologi canggih tersebut.

Ternyata beberapa teknologi ini terpasang dan sudah ada sejak lama. Penasaran? Langsung aja cek satu persatu.

1. Video Assistant Referee (VAR)

Teknologi terbaru dari FIFA ini digunakan pertama kali pada Piala Dunia 2018. Fungsi sangat simpel, membantu kinerja wasit dan menghindari kontroversi dalam suatu pertandingan. VAR tentunya bisa membantu wasit dalam memberikan keputusan penting yang adil. Bisa dibilang teknologi VAR ini adalah “wasit tambahan”.

Cara kerjanya pun cukup simpel, terdapat Ada 13 wasit yang dipilih untuk bertugas sebagai wasit diluar pertandingan menjadi video assistant. Mereka semua akan duduk di sebuah ruangan khusus. Meskipun bekerja diluar lapangan, tapi para wasit ini mengenakan seragam lengkap yang sama dengan yang di lapangan.

Dari sana, para wasit itu akan menyaksikan siaran langsung pertandingan dengan akses semua kamera yang ada di dalam stadion, tidak terkecuali kamera slow motion. Mereka bisa mengawasi setiap kamera sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Meskipun begitu, VAR hanya sebagai pemberi saran. Jadi wasit di lapangan akan dilengkapi dengan earpierce yang terhubung langsung dengan VAR untuk mendapatkan pesan dari VAR terkait pertandingan.

2. Goal Line Technology (GLT)

Dalam sepak bola, teknologi garis gawang atau goal line technology merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan apakah bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat teknologi seperti kamera tracking yang terpasang pada atap stadion.

Sama seperti VAR, GLT juga tidak bertujuan untuk mengantikan peran wasit, namun untuk membantu para wasit dalam membuat keputusan dalam lapangan pertandingan.

3. Electronic Performance and Tracking System (EPST)

Teknologi canggih yang satu diperuntukan untuk para pelatih agar bisa mengetahui kondisi, kecepatan dan jarak yang sudah ditempuh para pemainnya.

Chip yang terpasang itu bisa memberikan informasi seberapa cepat pemain berlari, seberapa jauh jarak pemain berlari sampai memberikan data detak jantung dan temperatur tubuh. Canggih banget kan?

Menurut akun Youtube FIFATV, dalam pagelaran Piala Dunia 2018 ini, tim VAR berada di International Broadcast System (IBC) yang tertelak di kota Moskow dan terdiri dari satu orang VAR (Video Assistant Referee), tiga orang AVAR (Assistant Video Assistant Referee), serta empat RO (Replay Operator) yang memilih dan menyediakan sudut terbaik dari kamera yang ada.

Informasi yang terima wasit dari VAR pun tak bersifat rahasia. Informasi ini bisa dilihat masyarakat melalui televisi yang menanyangkan pertandingan resmi Piala Dunia dan menuliskannya informasi tersebut pada website resmi FIFA.