BANDUNG - Partai Amanat Nasional (PAN) dipastikan bakal menjadi salah satu partai politik yang akan meramaikan Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Tetapi, partai berlambang matahari bersinar ini tidak mau muluk-muluk memasang target.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, meski bermodal hanya empat kursi keterwakilan di DPRD Provinsi Jawa Barat, PAN optimistis bisa menaruh kadernya sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat pada ajang Pilkada 2018.

"Kita coba realistis, karena realita politiknya PAN hanya punya 4 kursi di DPR provinsi," kata Eddy saat ditemui di arena Car Free Day (CFD) Buahbatu, Kota Bandung, Minggu (20/8/2017).

Meski hanya memiliki modal kursi keterwakilan relatif sedikit, Eddy mengatakan PAN memiliki modal kader-kader yang menaikan nilai tawar PAN dalam sebuah koalisi.

"Kader kita mumpuni serta memiliki popularitas yang tinggi, ektabilitasnya juga berangsur naik secara konsisten," katanya.

Dua kader PAN yang ditawarkan untuk menjadi bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat yaitu Desy Ratnasari serta Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Potensi mereka kita gandeng sebagai calon Wakil Gubernur besar," katanya.

Eddy menambahkan, masa depan Desy Ratnasari serta Bima Arya di Pilkada Jawa Barat 2018 akan diputuskan dalam Rakernas ke-III PAN di Bandung pada tanggal 21-23 Agustus 2017 mendatang.