JAKARTA - Dengan pengaturan hubungan 3-5 hari sekali, pada suatu saat hubungan seksual akan berlangsung tepat pada masa subur wanita. Jadi tanpa perlu menduga atau menghitung kapan saat subur wanita, dengan pengaturan frekuensi seperti itu, pada suatu saat hubungan seksual akan berlangsung pada saat subur.

Tetapi tidak semua orang dapat melakukan hubungan seksual dengan pengaturan frekuensi seperti di atas. Bagi mereka yang tidak dapat mengatur frekuensi seperti itu, dapat memilih cara lain dengan berhubungan seksual tepat saat subur isteri. Saat subur ialah waktu hidup sel telur, sejak dikeluarkan dari indung telur dan bertahan hidup selama 48 jam di dalam rahim. Selama waktu itu kalau terjadi pembuahan oleh sel spermatozoa, kehamilan mungkin terjadi.
Di luar saat subur, kehamilan tidak mungkin terjadi walaupun hubungan seksual dilakukan. Berarti hubungan seksual yang hanya sekali dilakukan, mungkin saja menghasilkan kehamilan kalau dilakukan pada saat subur wanita. Masalahnya, bagaimana menentukan saat subur isteri. Ada beberapa tanda yang dapat dikenali oleh wanita sendiri ketika mengalami saat subur.

1. Keluarnya cairan mulut rahim yang jernih seperti putih telur. Wanita dapat memeriksa sendiri ada tdiaknya cairan tersebut. Dengan menggunakan jari tangannya, wanita dapat memeriksa adanya lendir mulut rahim dari vagina. Cairan yang jernih seperti putih telur dan dapat direntangkan antara kedua jari, menunjukkan wanita sedang mengalami saat subur.
2. Timbulnya rasa sakit pada perut bagian bawah.
3. Menurunnya temperatur tubuh yang segera diikuti dengan kenaikan temperatur.

Untuk mengetahui perubahan temperatur ini, maka temperatur tubuh harus diukur setiap pagi selama satu bulan. Jadi sebelum bangun tidur pagi, temperatur diukur dengan termometer yang diletakkan di bawah lidah. Dengan menghubungkan titik-titik temperatur setiap hari akan didapat sebuah grafik yang pada suatu saat menunjukkan penurunan yang segera diikuti dengan kenaikan. Pada saat itulah terjadi saat subur.

Mengenali tanda saat subur tersebut di atas merupakan cara sederhana untuk menentukan kapan terjadinya saat subur. Tetapi di samping cara sederhana di atas, ada pula cara yang lebih tepat untuk menentukan saat subur wanita, yaitu memeriksa lendir mulut rahim di bawah mikroskop dan memeriksa indung telur dengan alat bantu USG. Dengan mengetahui kapan saat subur, maka hubungan seksual tidak perlu dilakukan setiap hari atau sesering mungkin. Untuk tujuan kehamilan, hubungan seksual tidak perlu dilakukan seringkali. Bukankah di luar saat subur, kehamilan tidak mungkin terjadi?