BREAKINGNEWS.CO.ID - Sebagian buah yang dikonsumsi rata-rata harus mengupas kulitnya. Namun ada beberapa buah yang ternyata kalau dimakan dengan kulitnya justru sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya buah kiwi. Buah yang sering dimakan tanpa kulit ini, ternyata memiliki berbagai kegunaan yang dapat anda rasakan.

Dilansir dari Women’s Health, kulit buah kiwi aman untuk dimakan, dan malah dianjurkan untuk dimakan. Kulit buah kiwi punya banyak nutrisi. Jika kamu memakan buah kiwi secara utuh beserta kulitnya, maka kamu akan mendapatkan asupan serat yang 50 persen lebih banyak, ketimbang jika hanya mengonsumsi buahnya saja.

Kulit kiwi serat itu sendiri penting untuk memperlancar pencernaan, membantu menurunkan berat badan, membuatmu merasa lebih kenyang, serta menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya secara alami.

Kulit kiwi dapat dimakan dan dicerna tubuh. Bagian ini juga mengandung folat, yakni sebuah nutrisi penting yang bisa mencegah sejumlah kecacatan pada bayi (jika dikonsumsi ibu hamil), serta mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Belum lagi kandungan antioksidan vitamin E-nya yang bisa melawan inflamasi sekaligus memperkuat imun. Selain bikin kamu sehat, kulitmu juga semakin mulus. Khasiat kulit kiwi selanjutnya berkaitan dengan pencegahan penuaan. Kulit kiwi memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dini.

Untuk memaksimalkan manfaat nutrisi yang bisa kamu dapatkan, makanlah kiwi secara utuh seperti kamu makan apel. Jika kamu kurang suka makan kulit buah kiwi hijau, coba pilih golden kiwi atau kiwi kuning, yang rasa kulitnya tak seintens kulit kiwi hijau.

Kulit kiwi kuning cenderung lebih tipis dan halus, jadi lebih mudah untuk dimakan. Lagipula, kiwi kuning juga mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan kiwi hijau.

Salah satu cara mudah lainnya untuk menikmati buah kiwi dan kulitnya secara utuh adalah dengan memasukkan buah ke dalam blender, untuk dibuah jus. Kamu bisa mencampurkan satu buah kiwi dengan setengah cangkir susu, setengah cangkir yogurt, pisang matang kecil atau buah kurma.

Jadi, jangan lagi kupas dan membuang buah kiwi yang kamu konsumsi ya!