BREAKINGNEWS.CO.ID-Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengatakan, pihaknya telah menerima surat rekomendasi dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta siap untuk ditindaklanjuti dalam sidang paripurna. Kedua nama itu adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. 
 
Rencananya, surat rekomendasi akan segera ditindaklanjuti ke pelaksanaan Badan Musyawarah (Bamus) dan setelah itu barulah dilakukan Paripurna pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta dengan mengikutsertakan dua pertiga dari seluruh anggota dewan. 
 
“Melalui surat ini saya akan meneruskan ke Bamus untuk di agendakan didalam paripurna nanti,” kata Prasetio di kantor DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (4/3/2019).
 
Dalam mekanisme pemilihan wagub DKI setelah dibamuskan nantinya dirapat gabungan dengan selurh fraksi DPRD untuk menentukan tanggal sidang paripurna. Namun sebelum paripurna dilangsungkan, DPRD juga akan membentuk panitia khusus (pansus) guna mengatur tata tertib pemilihan. 
 
Pansus berfungsi mengatur mekanisme terkait calon yang tidak terpilih dan calon terpilih mengingat prosedurnya cukup rumit serta menyangkut kesepakatan dari seluruh fraksi di DPRD. 
 
“Nanti ada sedikit  pansus mengatur tata tertib  apa ini terbuka apa tertutup. Apabila dua nama ini calon nggak terpilih, itu harus bagaimana. Ini masih panjang mekanisme ini akan kita laksanakan dan kita lihat di rapat gabungan fraksi se-Provinsi DKI DPRD,” tutup dia.