BREAKINGNEWS.CO.ID - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih, Herman Deru bersama ratusan relawan mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Deklarasi tersebut juga dilakukan bersama dengan wakil gubernur terpilih, Mawardi Yahya. "Hari ini kami mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 yang akan datang. Kami siap untuk memenangkan mereka di sini," kata Herman Deru, Minggu (9/9/2018).

Menurutnya, dukungan kepada Jokowi ini terus mengalir usai dirinya terpilih untuk memimpin Sumsel. Bahkan, dukungan tersebut semakin solid ketika Jokowi memilih Ketua MUI tersebut untuk mendampinginya di ajang pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan berlangsung pada April 2019 mendatang. "Ini sebenarnya ribuan relawan yang juga memenangkan HD-MY di Pilgub Sumsel. Sedangkan saya sendiri mendukung hari ini bukan karna terpilih sebagai gubernur saja, tapi dari tahun 2014 lalu saya telah mendukung Pak Jokowi," katanya.

Selain itu, program yang dicanangkan oleh Jokowi sendiri soal pembangunan infrastruktur juga selaras dengan program dirinya sebagai gubernur terpilih. Terlebih, dalam periode pertama Jokowi, pembangunan di Bumi Sriwijaya tersebut sangat pesat.

Namun, ketika Jokowi mengalami kekalahan di Pilpres 2014 lalu, dirinya mengatakan jika ia optimis kali ini Jokowi akan menang 60 persen. "Saya hanya katakan bahwa semua yang dilakukan Pak Jokowi itu sangat terlihat. Tidak usah disebutkan satu persatu, kan masyarakat sudah merasakan, jadi nanti saya akan turun tangan langsung dalam memenangkan. Karena ini head to head, kami target menang 60 persen," imbuh mantan Bupati Oku Timur 2 periode ini.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Sumsel Syahrial Oesman mengatakan jika tahun 2014 lalu, Jokowi kalah karena salah satu kandidat juga berasal dari Sumsel. "Dulu ada cawapres putra daerah berasal dari Sumsel, ada Pak Hatta Rajasa. Jadi wajar kalau kalah di sini dan suara nggak sampai 50 persen. Tapi tahun ini ya pasti akan berbeda, seperti yang disampaikan (Herman Deru), target kami 60 persen menang," kata pria yang akrab disapa SO ini.