BREAKINGNEWS.CO.ID - Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Steven Setiabudi Musa menjalani hari kedua masa resesnya dengan menemui warga Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta, Utara, Selasa (15/1/2019).

Pada kesempatan ini bertempat di kantor RW 010 Pademangan Timur. Selain dihadiri warga, turut hadir Lurah Pademangan Timur, Ketua RW 010, para ketua RT, ibu ibu PKK, dan pengurus kelurahan serta tokoh masyarakat. Ketua RW 010, Subardi mengatakan dalam sambutannya, berterima kasih, karena wilayahnya menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi anggota Dewan DPRD DKI Jakarta. Kepada warganya, Subardi meminta untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk berdialog langsung.

Steven Setiabudi Musa meminta masyarakat manfaatkan fasilitas pemerintah (Foto: Dok. David)

"Sebagai anggota Dewan, sebagai wakil rakyat, bapak Steven Setiabudi Musa, sangat ingin mengetahui permasalahan yang ada di warga, khususnya terkait dengan bidang komisi E yakni pendidikan, kesehatan, Kepemudaan, wanita, olahraga," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Pademangan Timur, Christin, menjelaskan pada warga yang hadir bahwa reses adalah kewajiban yang harus dijalani setiap anggota Dewan dalam menyerap aspirasi warganya. Selain itu, ia juga motivasi warganya agar aktif bertanya pada sesi tanya jawab. "Tidak perlu takut dan malu berdialog atau bertanya pada bapak Steven. Sebagai anggota Dewan, pak Steven adalah wakil rakyat, dan akan membawa keluhan atau permasalahan warga ke rapat Dewan," ucapnya.

Steven Setiabudi Musa sebelum sesi tanya jawab dengan warga, memaparkan dengan singkat dan lengkap tentang apa kerja Komisi E, dan hal hal yang telah dilakukan oleh Komisi E DPRD DKI Jakarta. Politisi PDI Perjuangan ini mengungkapkan hasil kerja Komisi E di antaranya rehabilitasi infrastruktur sekolah, memperbaiki infrastruktur kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit.
"Saat ini dari 44 Kecamatan yang ada di DKI Jakarta, 23 Kecamatan diantaranya sudah memiliki rumah sakit RSUD tingkat kecamatan. Tiga diantaranya ada di Jakarta Utara," ungkap Steven.

Pelayanan BPJS masih menjadi pertanyaan utama warga (Foto: Dok. David)

Untuk bidang olahraga, Steven Setiabudi Musa, memaparkan hasil kerja Komisi E diantaranya pada perhelatan Asian Games 2018 lalu, prestasi Indonesia meningkat, dan satu atlet yang menyumbang medali adalah warga Jakarta Utara. "Komisi E memperjuangkan kelayakan bonus bagi para atlet DKI yang menyumbangkan medali di Asian Games 2018. Dan perjuangan Komisi E itu akhirnya disetujui, para atlet mendapat kenaikan bonus," ungkap Steven.

Dalam sesi tanya jawab, umumnya ditanyakan tentang BPJS. Seperti yang ditanya Sulaiman warga Rt 05 Rw 010 yang menurutnya masih ada rumah sakit yang membedakan pelayanan antara pengguna. BPJS berbayar dan BPJS ysng gratis. Warga lainnya mengatakan ada rumah sakit yang mengurangi jatah obat dari yang tertulis di resep dengan alasan stok habis.
Steven Setiabudi Musa menjelaskan beberapa waktu memang sempat terjadi seperti aps yang dikeluhkan warga. Hal ini terjadi karena BPJS lambat membayar klaim. "Kami di Komisi E berjuang agar rumah sakit tetap lebih mengutamakan fungsi sosial melayani masysrakat. Melayani pasien sambil menunggu hasil klaim dari BPJS."paparnya.

Steven Setiabudi Musa mengingatkan agar warga mengutamakan menggunakan fasilitas rumah sakit pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit tipe D tingkat Kecamatan atau RSUD. Steven Setiabudi Musa terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta 2014-2019 pada Pileg 2014 di Dapil 3 Jakarta Utara yang meliputi Kecamatan Tanjung Priok, Penjaringan dan Pademangan. Steven Setiabudi Musa kembali mencalonkan diri di Pileg 2019, dan politisi PDI P yang menempati nomor urut 5 ini bertarung lagi di Dapil 3 Jakarta Utara.