BREAKINGNEWS.CO.ID-Tottenham Hotspur menjadi klub Inggris kedua yang berlaga di babak 16 besar Liga Champions 2018-2019, menghadapi wakil Jerman Borussia Dortmund pada Rabu (13/2/2019) malam waktu London. Duel Spurs vs Dortmund dilangsungkan mulai pukul 03.00 Kamis (14/2) dini hari WIB di Stadion Wembley, dipimpin oleh wasit Antonio Mateu Lahoz dari Spanyol. Leg-2 akan dilangsungkan Selasa, 5 Maret mendatang, di kandang Dortmund.

Manchester United mendapat 'kehormatan' menjadi klub Inggris pertama yang mengawali persaingan babak 16 besar Liga Champions 18/19 ini, dengan menghadapi juara Prancis Paris Saint Germain, Rabu (13/2) dini hari WIB. 

Menuju laga Spurs vs Dortmund, diketahui jika Spurs mengalahkan Dortmund dua kali di babak penyisihan grup 17/18. BVB, nama lain Borussia Dortmund, mengalahkan  Spurs di musim 15/16 Liga Europa 16 terakhir. Harry Kane, ikon Spurs, membukukan tiga gol dalam tiga pertandingan melawan BVB. Spurs terakhir mencapai perempat final pada 2010/11. 

Dari empat pertemuan yang tersaji antara kedua tim, kedudukan sama kuat, imbang 2-2. Namun, Dortmund unggul satu gol, karena mencetak tujuh gol sementara Spurs enam.

Karena sudah empat kali bertemu, kedua tim mestinya sudah saling mengenal karakter permainan masing-masing. Dortmund - di babak 16 untuk kelima kalinya dalam tujuh musim - datang ke pertandingan ini dengan menempati peringkat pertama Grup A, sementara Spurs menjadi runner-up Grup B, berkat hasil imbang 1-1 yang mengesankan di Barcelona pada matchday enam.

*Pada babak 16 Besar Liga Eropa UEFA 2015/16, Dortmund menang 3-0 di leg pertama kandang - Marco Reus mencetak dua gol - sebelum sukses 2-1 di White Hart Lane. Gol tunggal Spurs dicetak oleh Son Heung-Min.

*Tottenham membalikkan keadaan di babak penyisihan grup Liga Champions musim lalu, menang 3-1 di Wembley - Son membuka skor dengan Harry Kane menambahkan dua lagi - dan 2-1 di Jerman, dua pemain Spurs yang sama kembali mencetak gol.

*Sementara Spurs menempati posisi kedua di belekang Real Madrid, yang akhirnya merebut gelar,  Dortmund harus puas di tempat ketiga.

*Untuk Spurs, ini babak 16 besar Liga Champions ketiganya. Pada 2010/11 mereka menang 1-0 dari AC Milan dan secara agregat; 12 bulan lalu mereka bermain imbang 2-2 di Juventus pada leg pertama tetapi tersingkir setelah kekalahan 1-2 di kandang.

*Tottenham belum pernah memenangkan pertandingan kandang di babak sistem gugur Liga Champions (D1 L2), hanya mencetak satu gol.

*Keikutsertaan Spurs paling sukses di Liga Champions terjadi di musim 2010/2011, ketika mereka mencapai perempat final. Ini adalah kampanye keikutsertaan mereka secara keseluruhan, dan yang ketiga berturut-turut.

*Spurs tidak terkalahkan di kandang klub-klub Jerman (W6 D1) sebelum menyerah ke Dortmund pada 2016; mereka juga kehilangan pertandingan berikutnya, dari Bayer Leverkusen pada November 2016, sebelum mengalahkan Dortmund musim lalu.

*Musim ini, tim Mauricio Pochettino kalah 2-4 di kandang dari Barcelona di pertandingan kandang pertama mereka, tetapi mengalahkan PSV Eindhoven (2-1) dan Internazionale (1-0) di dua berikutnya. Itu membantu mereka menyalip Inter untuk merebut tempat kedua di belakang Barça; Spurs memiliki satu poin setelah tiga pertandingan.

*Klub London memenangkan tiga dari empat pertandingan kandang mereka di Liga Champions UEFA musim lalu. Sebelum mengalahkan Dortmund pada matchday satu di 2017/18, mereka hanya menang satu dari lima pertandingan kandang Eropa sebelumnya.

*Untuk Dortmund, yang paling baru dari empat pertandingan putaran 16 Liga Champions datang pada 2016/17, ketika mereka kehilangan leg pertama 1-0 di Benfica tetapi berhasil dengan kemenangan kandang 4-0.

*Dortmund hanya memenangkan satu dari enam pertandingan fase sistem gugur terakhir mereka di kompetisi UEFA (D2 L3), 3-2 melawan Atalanta dalam 32 leg pertama babak pertama Liga Eropa UEFA.

*Dortmund telah kalah dalam tiga dari empat perjalanan terakhir mereka ke Inggris - pengecualian bahwa 2016 sukses di Spurs - dan tujuh dari 12 pertandingan tandang ke klub Inggris secara keseluruhan (W4 D1).

*Di babak penyisihan grup musim ini, tim Lucien Favre menang 1-0 di Club Brugge pada matchday satu - mengakhiri enam pertandingan tandang Liga Champions tanpa kemenangan (D2 L4) - dan 2-0 di Monaco di kedua sisi 2 Kekalahan -0 di Atlético Madrid, membantu mereka mengumpulkan 13 poin secara keseluruhan. Dortmund kebobolan gol paling sedikit di babak penyisihan grup (dua) dan menjaga clean sheet terbanyak (lima).

*Ini adalah keikutsertaan ketujuh Dortmund di Liga Champions dalam delapan tahun terakhir, dan secara keseluruhan ke-13. Dortmund adalah juara Liga Champion s1997, dan runner-up pada 2013.

*Ini adalah satu dari hanya dua pertandingan di babak 16 yang tidak menampilkan juara domestik yang berkuasa, yang lainnya adalah Ajax-Real Madrid.

*Bintang kedua tim yang telah bermain di Liga Jerman: Son Heung-Min (Hamburg 2010–13, Bayer Leverkusen 2013–15).

*Son mencetak lima kali dalam lima pertandingan melawan Dortmund bersama Hamburg dan Leverkusen.

*Pemain kedua tim yang telah bergabung bersama di satu tim: Son-Heung-Min & Omer Toprak (Bayer Leverkusen 2013–15).

*Pemain kedua tim yang menjadi rekan di timnas: Eric Dier, Danny Rose, Kieran Trippier, Dele Alli, Harry Winks, Harry Kane & Jadon Sancho (Inggris), Toby Alderweireld, Jan Vertonghen & Axel Witsel (Belgia)

*•Marco Reus dan Mario Götze masing-masing mencetak gol dalam kemenangan tandang Dortmund 4-1 ke tim Ajax yang menampilkan Alderweireld dan Christian Eriksen di babak penyisihan grup 2012/13.

*Kane dan Dier mencetak gol dalam kemenangan persahabatan 3-2 Inggris melawan Jerman pada Maret 2016; Götze dan Reus bermain untuk Jerman.

*Spurs dan Dortmund memiliki dua mantan pemain yang sama: gelandang Steffen Freund pergi ke White Hart Lane dari Dortmund pada 1998; Bek Young-Pyo Lee meninggalkan Spurs untuk Dortmund pada 2008.

*Spurs hanya imbang tiga pertandingan musim ini di semua kompetisi, paling baru di Barcelona pada matchday enam; catatan mereka adalah W11 L4.

*Heung-Min Son telah mencetak sepuluh gol dalam 11 pertandingan terakhir Spurs.

*Spurs kalah dari Chelsea di semi final Piala Liga Inggris pada 24 Januari, kalah adu penalti setelah imbang agregat 2-2.

*Spurs juga keluar dari Piala FA, kalah 2-0 di Crystal Palace pada 27 Januari di babak 32 besar.

*Harry Kane, yang mencetak empat gol di babak penyisihan grup, belum pernah bermain sejak cedera ligamen pergelangan kaki dalam kekalahan kandang 0-1 pada Manchester United, 13 Januari 2019.

*Dele Alli sudah absen sejak 20 Januari karena cedera hamstring sementara Ben Davies (pangkal paha) juga absen.