JAKARTA – Manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate, mengaku bangga dengan penampilan yang ditunjukan para punggawa The Three Lions ketika meraih kemenangan 2-1 atas Tunisia di laga pertama penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 pada Selasa (19/6/2018) dini hari WIB. Ia menyatakan bila Harry Kane dkk bermain sabar pada laga yang berlangsung di Volgograd Arena, Volgograd, tersebut.

Di laga ini, timnas Inggris berhasil unggul lebih dulu melalui Harry Kane yang sukses mencetak gol pada menit ke-11 di paruh pertama. Namun, Tunisia sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-35 melalui gol Sassi usai wasit memberikan hadiah penalti.

Pada akhirnya, The Three Lions yang tampil sabar sejak awal laga, berhasil memastikan kemenangan 2-1 mereka atas Tunisia usai Harry Kane kembali mencetak gol di waktu tambahan tepatnya pada menit ke-91 melalui sundulannya.

Dengan kemenangan ini, Southgate merasa senang dengan penampilan anak asuhnya. Ia bangga dengan cara The Three Lions berjuang hingga berakhrinya waktu.

"Saya senang dengan cara kami bermain meskipun waktu mulai habis. Kami tetap sabar, tidak mengirim bola langsung ke kotak penalti. Kami pantas untuk menang," ungkap Southgate usai laga tersebut.

"Kami menciptakan banyak peluang bersih, khususnya pada babak pertama, dan mengontrol penuh pada babak kedua. Kami sangat kuat malam ini. Bahkan, jika kami bermain imbang, saya harus tetap bangga dengan penampilan tim."

"Kami bermain baik untuk membuat banyak kesempatan. Pergerakan, kecepatan, kontrol permainan mulai dari belakang sangat memuaskan. Tim yang bagus mencetak gol terlambat. Jika Anda mendominasi bola seperti ini maka lawan akan merasa lelah," sambungnya.

Selain itu, Southgate mengaku sulit untuk menilai performa pemainnya satu per satu. Dia menyebut bila kemenangan yang diraih timnya ini adalah berkat permainan kolektif tim.

"Skuat ini telah bermain brilian. Kami mendapatkan hasil ini selama tiga pekan terakhir, bukan hanya malam ini. Ini hasil dari semua orang yang bekerja keras bersama," pungkasnya.

Dengan hasil ini, timnas Inggris berhasil menempati posisi kedua klasemen sementara Grup G dengan tiga poin di bawah Belgia yang sukses menaklukan Panama dengan skor 3-0. Di laga berikutnya, Inggris akan berhadapan dengan Panama di Stadion Nizhny pada 24 Juni 2018 mendatang.