BREAKINGNEWS.CO.ID -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan disertai kilat/petir diperkirakan terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Jumat sore.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari," sebut BMKG melalui situs resminya Jumat (3/12020).

Seperti dikutip laman Antaranews.com, di akarta Barat dan Jakarta Pusat pada pagi dan siang akan turun hujan lokal. Sementara pada malam dan dini hari berawan.

Selanjutnya, wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan petir terjadi pada siang dan malam hari. Sedangkan pada pagi dan dini hari berawan.

Kemudian, untuk Jakarta Utara hujan lokal akan terjadi pada pagi dan dini hari. Pada siang dan malam berawan.

Terakhir di Kepulauan Seribu, hujan lokal terjadi pada pagi dan siang, hujan petir pada dini hari, dan malam berawan.

Adapun rata-rata suhu udara di Jakarta pada Jumat berkisar 25 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan udara rata-rata 80 sampai 95 persen.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono mengimbau masyarakat selalu memantau informasi yang disediakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengantisipasi cuaca dan potensi kedatangan banjir.

"Saya kira masyarakat mengikuti informasi khususnya dari BMKG supaya kita bisa mengantisipasi dari awal, gunanya menghindari kita jadi korban dari banjir ini," kata Gatot saat meninjau banjir di Komplek IKPN Bintaro, Jakarta Selatan.

 Mengenai rumah yang saat ini terdampak banjir dan untuk sementara ditinggal mengungsi oleh pemiliknya, Gatot menegaskan jajarannya mamastikan keamanan rumah yang terdampak banjir. "Kepolisian-TNI akan melaksanakan patroli dan teman-teman pencinta alam akan melaksanakan patroli untuk memastikan masyarakat yang tinggal di situ aman, yang kedua memastikan tidak ada pihak-pihak yang menggunakan kesempatan ini untuk mengambil barang-barang milik warga," ujarnya.

"Kita akan jaga ini dari pintu masuk, gunakan perahu-perahu karet di dalam, kita sama-sama bersinergi antara Polri, TNI dan pemerintah daerah," katanya.

Dalam peninjauan tersebut, Gatot memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir.