JAKARTA - Komandan Satuan Tugas Bersama pemenangan Pilkada dan Pemilu 2019 Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pagi tadi menemui Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di kediamannya. Menanggapi hal itu, Ketua Koordinator Bidang Perekonomian Partai Golkar Azis Syamsuddin mengatakan bahwa pintu koalisi Golkar dan Demokrat di Pemilu 2019 masih terbuka. "Mudah-mudahan bisa terbuka (koalisi) dan bisa berjalan," ujarnya usai acara MA di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (1/3/2018).

Diketahui, Aziz merupakan salah satu atau tokoh Golkar yang turut hadir dalam pertemaun Airlangga-AHY tersebut. Walaupun demikian, Aziz mengatakan, masih banyak proses lanjutan yang harus dilakukan oleh kedua partai tersebut sebelum sampai pada koalisi. " Koalisi itu kan tidak bisa secara langsung kan, harus berjalan lewat pertemuan-pertemuan dari waktu ke waktu," kata dia.

Menurut Aziz, selain untuk bersilaturahmi biasa tujuan AHY menemui Airlangga juga untuk mengundang pimpinan Golkar itu hadir dalam Rakernas Demokar yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Sosok AHY dimata Aziz adalah tokoh muda yang mempunyai elektabilitas tinggi. Hal itu, kata dia, terbukti dari sejumlah survei yang ada. Sementara, tokoh Golkar yang juga mempunyai elektabilitas tinggi yakni Jusuf Kalla. Namun Kalla telah menolak maju kembali dalam Pilres 2019 untuk mendampingi Jokowi.

Sekarang ini Golkar sendiri, ucap dia, belum juga mengkaji siapa tokoh yang bakal diusung untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Golkar memilih untuk menggenjot elektabilitas partai serta berupaya mengejar target sebesar 60 persen kemenangan di Pilkada serentak 2018.