JAKARTA - Indonesia selama 2018 akan menjadi panggung turnamen sepak bola level internasional. Tercatat, ada tujuh event mayor yang diselenggarakan di Tanah Air. Mulai dari sepak bola wanita, timnas muda sampai senior, hingga Asian Games. Akan tetapi, belakangan ini, Bumi Pertiwi tengah dirundung duka. Sejumlah oknum yang diduga dari kelompok militan ekstremis, atau yang lebih dikenal dengan sebutan ISIS melakukan serangan teror di beberapa daerah Indonesia. Mulai dari Surabaya, Sidoarjo hingga Riau.

Lantas, apakah event tersebut akan berjalan sesuai rencana? Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, mengungkapkan, hingga saat ini AFC dan FIFA tetap memperca. Bahkan, Tisha menyebutkan bahwa AFC dan FIFA menilai Indonesia sudah melakukan berbagai persiapan dengan baik termasuk soal pengamanan.

"Sampai saat ini pihak internasional masih mempercayakan untuk menyelenggarakan event di Indonesia. PSSI telah berkoordinasi dan sekarang bagaimana antisipasinya. Hal-hal seperti itu (yang terjadi di Surabaya) di luar antisipasi PSSI. Jadi kami menunggu pertemuan selanjutnya dengan kepolisian setempat," kata Tisha saat ditemui selepas drwaing Piala Asia U-19 di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

"Tidak ada bahasan spesifik soal teror bom atau kejadian itu. Mereka memberikan dukungan penuh dan tetap mempercayakan ke kami untuk menggelar event-event tersebut. Mereka tahu kondisi di Indonesia. Kejadian seperti di Surabaya bukan kejadian pertama di Asia." ujarnya, menambahkan.

Indonesia rencananya akan menggelar Piala Asia U-16 dan U-19 di Jawa Timur pada September hingga Oktober 2018. Untuk Piala AFF U-16, Tisha menyebut seluruh pertandingan bakal digelar di Jawa Timur, tepatnya Surabaya dan Sidoarjo. Sedangkan untuk Piala AFF U-19, Sidoarjo akan menjadi tuan rumah.

"Agenda besar kita bertemu pihak keamanan dari pusat bersama Pak Kapolri dengan mendatangkan AFC dan FIFA itu baru bisa di eksekusi bulan puasa ini, mungkin dalam 2-3 minggu ke depan. Saat ini sedang mencocokkan jadwal seluruh pihak untuk membicarakan keamanan dalam lingkup yang lebih besar lagi," pungkasnya.