BREAKINGNEWS.CO.ID - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari harus kembali mengakui keunggulan ganda campuran Korea, Seo Seung Jae/Chae Yujung. Rinov/Pitha dihentikan Seo/Chae di babak kedua Cina Open 2019 BWF World Tour Super 1000 dengan skor 15-21, 18-21.

Sebelumnya, Rinov/Pitha juga dikalahkan Seo/Chae di turnamen Barcelona Spain Masters 2019 dengan skor 15-21, 21-16, 15-21. Sejak gim pertama, Rinov/Pitha memang tak tampil di permainan terbaik mereka dan banyak melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat perolehan poin Seo/Chae terus bertambah.

"Sebetulnya banyak lawan yang power-nya lebih kuat dan berbahaya, tapi Seo/Chae unggul dari servis, bola sambungannya, pukulan kedua ketiga setelah servis, mereka bagus sekali. Jadi mereka cepat sekali dapat poin," kata Pitha Kamis (19/9/2019). "Tadi main sudah hampir imbang, kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Kalau dari pola, lawan memang lebih konsisten menerapkan pola permainan mereka," tambah Rinov.

Kesalahan-kesalahan sendiri yang dilakukan Rinov/Pitha membuat mereka tidak dapat menerapkan pola permainan dan strategi yang telah mereka rencanakan di lapangan. "Sebenarnya tadi kami sudah menemukan banyak celah kelemahan lawan, tapi kami malah banyak mati-mati sendiri," ungkap Rinov.

"Saat mati-mati sendiri, kami sudah coba komunikasi dan saling menyemangati. Tapi mungkin solusinya kurang banyak, harusnya kami punya lebih banyak cara untuk mengatasi keadaan kalau lagi mati-mati sendiri," tutur Pitha. Indonesia masih punya satu harapan lagi di nomor ganda campuran lewat pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow yang sore ini akan berhadapan dengan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia.