BREAKINGNEWS.CO.ID - Atmosfer pertandingan babak semi final Kejuaraan Sepakbola Pelajar U-18 (Asian Schools Championsip) yang mempertemukan dua tim bebuyutan Indonesia kontra Malaysia tak pelak menyedot animo masyarakat Balikpapan dan Kalimantan Timur untuk memadati Stadion Batakan, Selasa (22/11/2019). Apalagi sejak hari pertama hingga memasuki babak semi final, panitia pelaksana memang tidak memungut bayaran kepada penonton.

Pantauan di lapangan, meskipun pertandingan baru akan digelar pada pukul 20.00 WITA, akan tetapi sekitar jam 16.00 WITA atau empat jam sebelum laga para penonton sudah berdatangan ke stadion kebanggaan masyarakat Balikpapan tersebut. Puncaknya pada pukul 19.00 WITA atau satu jam sebelum jadwal pertandingan para penonton yang tidak kebagian tempat duduk berjejal memenuhi lorong-lorong di seputar stadion berteriak-teriak mendesak Panitia Penyelenggara untuk membuka akses ke tribun atas yang masih kosong.

"Buka!...buka!...buka!" teriak ratusan penonton mendesak Panitia Pelaksana untuk membuka pintu menuju tribun atas yang masih kosong.

Melihat kondisi di lorong-lorong menuju tribun sudah penuh sesak oleh ribuan penonton yang tidak kebagian tempat duduk, Panitia Pelaksana akhirnya memenuhi permintaan mereka dan membuka akses menuju tribun atas. Kontan ribuan penonton yang sejak tadi tertahan di lorong-lorong langsung menyerbu tribun atas Stadion Batakan. Tak sampai berapa lama, bangku-bangku di tribun atas stadion yang menjadi home base tim Liga 2 Persiba Balikpapan langsung penuh.

"Baru kali ini saya melihat Stadion Batakan penuh sesak. Bahkan kalau dibandingkan dengan jumlah penonton pada saat pembukaan, Minggu (17/11) lalu, pada Jumat (22/11) ini saya kira rekor dengan jumlah penonton terbanyak. Saya perkirakan jumlah penonton hari ini mencapai 40 ribu. Luar biasa!" ujar Sakhirudin salah seorang penonton yang mengaku berasal dari Samarinda.

Membludaknya jumlah penonton yang ingin menyaksikan langsung laga semi final Indonesia kontra Malaysia kontan berimbas pada jadwal pertandingan. Pasalnya bis yang membawa skuat Timnas Pelajar U18 dan Tim Malaysia kesulitan untuk masuk karena terhalang ratusan mobil dan motor milik penonton yang diparkir di jalan masuk menuju stadion.

"Timnas Pelajar Indonesia dan Malaysia tidak bisa masuk ke stadion. Jalannya tertutup kendaraan motor dan mobil penonton," ujar Manajer Timnas Pelajar U-18, Ahmad Arsani melalui pesan singkat WhatsApp.

Setelah berjibaku dengan kendala akses menuju stadion, barulah pada pukul 20.58 WITA Timnas Pelajar U-18 Indonesia dan Tim Malaysia bisa masuk ke lapangan pertandingan. Kedatangan tim besutan Bambang Warsito langsung disambut meriah oleh 40 ribu penonton yang memadati Stadion Batakan.