BREAKINGNEWS.CO.ID - Kirab obor Asian Games disambut dengan meriah di Bukittinggi, Sumatera Barat. Api abadi itu tiba di Kota Jam Gadang, Kamis (2/8/2018) dan disambut dengan budaya khas Minang Kabau. Di antaranya adalah Tari Pasambahan yang selalu ditampilkan dalam setiap acara penyambutan tamu kehormatan.

Turut hadir dalam penyambutan api obor Asian Games tersebut yaitu Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias.

Selain kebudayaan daerah Minang Kabau, para delegasi pembawa obor Asian Games juga dihibur dengan adanya marching band dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kampus Sumatera Barat. Ribuan masyarakat pun tumpah ruah menyambut api yang sebelumnya telah menyinggahi sejumalah kota di beberapa provinsi di Indonesia itu.

Marching Band IPDN Sumbar menyemarakkan kirab obor Asian Games 2018 (Foto:  Robbi Yanto/breakingnews.co.id)

Dengan adanya kirab obor Asian Games itu, Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias berharap mampu menambah promosi Bukittinggi supaya lebih dikenal lagi sebagai destinasi wisata di Indonesia.

"Atas nama masyarakat dan pemerintah kota Bukittinggi, kami berterima kasih karena tidak seluruh kota di dunia dan di Indonesia mendapatkan kesempatan didatangi api obor Asian Games. Saya yakin tamu dari luar negeri akan datang ke daerah Indonesia. Ada uniknya, api Asian Games ini, mungkin tidak dilalui di seluruh kota di dunia, tapi melewati Bukitinggi, dan akan melewati salah satu destinasi wisata Bukittinggi yakni Lubang Jepang. Semoga Buktinggi bisa lebih banyak dikenal dan dikunjung oleh wisatawan, kata Harlan dalam sambutannya setelah menerima api obor dari Nasrul Abit.

Siswa dan Siswi dari SD-SMA turut menghadiri kirab obor Asian Games 2018

Selama di Kota Jam Gadang, tim delegasi kirab api obor Asian Games bakal melewati 21 rute yakni Lapangan Wira Braja, Tugu Polwan, Gedung DPRD, Gerbang Panorama, Berkeliling Panorama, Gerbang Lobang Jepang, Simpang Bantola, Tugu Imam Bonjol Simpang Tembok, Simpang Jirek, Kantor Pengadilan Negeri, Lapangan Kuda Ambacang, Simpang Bypass, Tugu Tri Tula, GOR Bermawi, Simpang Surau Gadang, Simpang Manggis, Polsek Kota Bukittinggi, Rumah Bung Hatta, Tugu Pahlawan Tidak Dikenal, dan Taman Istana Bung Hatta.

Selanjutnya, api akan diterbangkan ke Jambi pada Jumat (3/8), meneruskan perjalanan ke Palembang, Bandar Lampung, Serang, Banten, dan menyudahi perjalanan pada 10 Agustus 2018.