JAKARTA - Baru tiga bulan kurang, aparat Kepolisian Resort Jakarta Barat telah menangkap 235 tersangka yang tersandung kasus narkoba sepanjang tahun 2018. Karena alasan itu pula Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi, pihaknya menyatakan perang terhadap peredaran narkoba. 

“Benar pernyataan Presiden Jokowi bahwa Indonesia masih darurat narkoba,” kata Hengki didampingi Kasat Reserse Narkoba AKBP Suhermanto bersama unsur lainnya di acara pemusnahan barang bukti narkoba di Sanitasi Berbage Angkasa Pura II, Tangerang, Kamis (8/3/2018).

Pernyataan Kapolres bukan pepesan kosong. Hal itu terbukti dari banyaknya tangkapan kasus narkoba sejak Januari sampai saat ini. “Kita sudah berhasil tangkap kurang lebih 235 tersangka, jadi kalau di rata-ratakan per hari dari Polres Metro Jakarta Barat bisa menangkap 3 orang tersangka,” kata Hengki

Keberhasilan pengungkapan kasus narkoba yang telah dilaksanakan kepolisian, lanjut Hengki, tak lepas berkat adanya partisipasi masyarakat. “Kami banyak informasi dari masyarakat bagaimana kita bisa memberantas narkoba ini efektif di Jakarta Barat,” tegasnya.

Polres Metro Jakarta Barat memusnahakan barang bukti narkoba berupa ganja 1.308 ton, sabu 6.300 gram, ekstasi 1.916 butir dan happy five 280 butir. Barang bukti ini, bila dibiarkan beredar dapat merusak 1,3 juta jiwa. Semua jenis narkoba itu dimusnahkan dengan cara dibakar.