BREAKINGNEWS.C0.ID – Sapi qurban jenis limosin yang memiliki berat sekitar 1,2 ton menjadi hewan kurban Presiden Joko Widodo untuk warga Bengkulu. Sapi limosin istimewa sumbangan dari Presiden Jokowi ini diserahkan untuk masyarakat Bengkulu pada Idul Adha 1440 Hijriah, Minggu (11/8/2019).

Sapi berukuran sangat besar ini akan disembelih di Masjid Jami, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Bengkulu Selatan. Sapi qurban itu juga diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun, Sabtu (10/8/2019).

Kepala Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu Edi Hartawan mengatakan, dipilihnya Kabupaten Bengkulu Selatan dengan alasan untuk pemerataan dan tidak ada unsur politis di dalamnya. Selama ini, hewan kurban tersebut selalu disembelih di Masjid Baitul Izzah, Kota Bengkulu.

"Penyerahannya tergantung kebijakan Gubernur Bengkulu, dengan melihat aspek pemerataan. Jika hanya ditentukan satu tempat, aspek pemerataannya tidak terpenuhi. Mungkin nanti tahun depan dipilih kabupaten lainnya," kata Edi.

Sapi kurban Jokowi di Bengkulu ini dibeli seharga Rp 64 juta dari peternakan sapi di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Sekali lagi, sapi jenis limosin yang istimewa ini Diharapkan dapat memacu motivasi para peternak local dan daerah untuk menghasilkan hewan ternek unggulan.

Sapi tersebut dibeli seharga Rp 64 juta dari peternakan sapi di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Seluruh kesehatan hewan ternak tersebut telah diperiksa guna memastikan layak atau tidaknya menjadi hewan kurban, termasuk bobotnya.

Sapi jeni Limosin ini dikategorikan sebagai ras tertua. Bahkan gambar keberadaannya sudah beredarnya dalam lukisan di salah satu gua di Prancis kuno. Lukisan itu menggambarkan hewan yang menyerupai sapi limosin.

Sapi ini merupakan ras sapi asli daerah Marche dan Limousin, Prancis. Tingginya angka peminat membuat lebih dari 70 negara telah melakukan perkembang biakan jenis sapi ini. Pengembang biakan sapi tersebut lantaran kemudahannya yang mampu beradaptasi di berbagai iklim dunia, termasuk Irlandia yang didominasi iklim dingin dan lembab.

Sapi jenis limosin ini juga dikenal memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat dibanding sapi biasa.  Namun, hal itu tidak lantas mengabaikan vaksinasi pada sapi. Apalagi untuk menjadi hewan kurban seorang Presiden, maka sapi itu tetap harus dirawat kesehatannya.