BREAKINGNEWS.CO.ID – Setelah sekian lama menjadi perbincangan hangat, Samsung akhirnya mulai menginformasikan tentang rancangan ponsel layar lipat yang saat ini tengah mereka kembangkan.

Dalam acara Samsung Developer Conference yang digelar pada Kamis (8/11/2018) dini hari WIB, Samsung memamerkan beberapa spesifikasi layar yang bakal diusungnya pada ponsel terbarunya nanti.

Dengan mengusung nama "Infinity Flex Display", Samsung menggunakan layar seluas 7,3 inci atau seukuran tablet dengan panel Super AMOLED. Ketika dilipat secara vertikal, layar ponsel ini akan menjadi 4,6 inci.

Dalam acara Developer Conference yang berlangsung di Moscone Centre San Fransisco, Amerika Serikat, Samsung juga menyatakan jika kondisi ketika ponsel ini dilipat atau tidak, akan mempengaruhi resolusi layar. Ketika tidak dilipat, resolusi layar bisa mencapai 1.536 x 2152 piksel. Sedangkan ketika dilipat, resolusinya akan menjadi 840 x 1.960 piksel.

Kondisi tersebut juga bakal berpengaruh pada aspek ratio si ponsel tersebut. Saat dilipat, meski layarnya hanya akan berukuran sekitar 4,6 inci, namun aspek rationya akan berubah menjadi 21:9.

Dengan begitu, bentuk layar ponsel ini akan terlihat memanjang ketika dalam kondisi dilipat. Sementara saat ponsel tidak dalam kondisi terlipat, perbandingan aspek rationya akan berubah menjadi sekitar 4,2:3. Angka perbandingan aspek ratio ini membuat ponsel terlihat seperti benar-benar menyerupai sebuah tablet.

Samsung sendiri memastikan bila kesiapannya untuk memproduksi secara massal ponsel jenis layar lipat ini. Meski demikian, Samsung belum memberikan informasi tentang spesifikasi selain layar di jenis ponsel terbarunya nanti. Dan belum jelas kapan ponsel terbaru Samsung ini akan diluncurkan kepasaran.

Namun beredar rumor jika ponsel ini akan diungkap pada publik dalam gelaran akbar MWC 2019 mendatang. Google sendiri selaku penyedia OS Android juga telah mengonfirmasi jika sistem operasinya nanti bakal mendukung ponsel model layar lipat, dan OS versi ini bakal dirilis pada Januari 2019 mendatang.