BREAKINGNEWS.CO.ID - Majalah milenial Arab Saudi, Ar-Rajol, memampang wajah Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dalam sampul majalah mereka pada edisi terbaru yang terbit pada pekan ini.

"Joko Widodo, Presiden Indonesia menjadi salah satu tokoh dalam majalah Ar-Rajol," demikian pernyataan majalah Ar-Rajol dalam promosinya di laman Facebook resmi mereka, seperti dilihat Breakingnews.co.id, Senin (20/5/2019). Melalui iklan tersebut, Ar-Rajol kemudian membeberkan sejumlah pernyataan menarik Jokowi dalam majalah itu.

"Jika negara dan rakyat takut akan terorisme, ini adalah kegagalan yang menakutkan," tulis Ar-Rajol mengutip pernyataan Jokowi. Menurut iklan tersebut, Jokowi juga membahas bahwa Indonesia memiliki enam agama dan 1.100 bahasa daerah, tapi tetap dapat hidup berdampingan.

"Arab Saudi adalah mitra strategis untuk meningkatkan reputasi Islam. Kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada tahun 2017 merupakan kunjungan yang bersejarah," kata Jokowi. Sejak Raja Salman melakukan lawatan pada 2017 lalu, hubungan Indonesia dan Saudi memang terus memperkuat komitmen kerja sama.

Satu tahun kemudian, Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), bahkan diagendakan berkunjung ke Indonesia di tengah kisruh pembunuhan jurnalis pengkritiknya, Jamal Khashoggi. Kunjungan itu batal, akan tetapi Jokowi kemudian bertandang ke Saudi pada April lalu. Dalam kunjungan itu, Jokowi kembali berjumpa dengan Raja Salman.

Tidak hanya menyepakati peningkatan kerja sama perekonomian, Jokowi juga memberikan apresiasi terhadap keputusan Saudi untuk memberikan 10 ribu kuota haji tambahan bagi Indonesia. Selain menambah kuota, Saudi juga kembali menormalkan jumlah jemaah yang bisa menunaikan ibadah haji, dari 168 ribu menjadi 211 ribu. Dengan demikian, total kuota haji Indonesia mencapai 221 ribu sejak tahun lalu hingga saat ini.