JAKARTA (---)  Pusat Pengembangan film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbang Film Kemendikbud)   menggelar  berrbagai acara, seperti Lomba Kritik Film, Features,  Reportase Perfilman, dan Opini Perfilman.  “Beragam  lomba itu  diselengarakan  sebagai acara pendahuluan sekaligus  memeriahkan  kegiatan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2017 yang jatuh  pada September nanti,”kata Kepala Pusbang Film Kemendikbud, Maman Wijaya, Sabtu (12/8).

Selain  itu,  pihaknya juga membuat  serangkaian acara lain yang diperuntukan bagi  masyarakat yang ingin punya minat dengan dunia perfileman tanah air,  seperti lomba  Lomba Penulisan Kritik Film, lomba  penulisan features  serta  reportase perfilman bagi wartawan. Diluar itu, juga digelar lomba penulisan artikel opini perfileman untuk anak  sekolah.

Panitia perlombaan menetapkan sejumlah syarat  bagi yang ingin berpartisipasi. Khusus untuk lomba tulis, naskah peserta  secara keseluruhan atau pun bagian per bagian harus merupakan karya asli peserta, bukan plagiat

Naskah harus dikirim dalam bentuk soft copy serta  bukti pemuatannya dikirim ke alamat email Pusbang Film Kemendikbud afi@kemdikbud.go.id dengan subjek “Lomba Kritik Film” untuk Lomba Penulisan Kritik Film, “Lomba Penulisan Features atau Reportase Perfilman” untuk Lomba Features dan Reportase Perfilman, dan “Lomba Penulisan Artikel Opini Perfilman” untuk lomba Penulisan artikel Opini Perfilman.

Naskah dapat juga dikirim melalui pos ke alamat Pusat Pengembangan Perfilman, Kompleks Kemendikbud Gedung C lantai 18, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, dengan menulis masing-masing subjek omba di pojok kanan atas Map/amplop/dokumen.  Pengirim juga harus melengkapi data serta identitas diri berupa: nama lengkap, alamat tempat tinggal, alamat e-mail, nomor telepon/HP, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pemenang Lomba akan diumumkan pada malam Puncak Anugerah AFI 2017 dan mendapat hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaa.. Sementara naskah lomba harus sudah diterima panitia  paling pada 15 September 2017 pukul 24.00 WIB. Nominasi dan unggulan pemenang akan diumumkan pada akhir September 2017 melalui website: www.pusbangfilm.kemdikbud.go.id.

BREAKINGNEWS.CO.ID