BREAKINGNEWS.CO.ID-Tokoh olahraga Ronny Tanuwijaya mengutarakan kesiapannya untuk mendukung perjuangan Ronny Pangemanan memperebutkan satu kursi DPRD DKI Jakarta 2019-2024 melalui Pileg 2019. Mantan manajer Persijatim di kompetisi Liga Utama tersebut yakin jika Ronny Pangemanan nantinya mampu mengemban amanah sebagai wakil rakyat.

Ropan, mantan wartawan yang komentator sepak bola dan pengamat olahraga itu, menjadi caleg Perindo nomor urut 11 dari Dapil 1 Jakarta Pusat yang mencakup delapan kecamatan: Cempaka Putih, Senen, Gambir, Sawah Besar, Menteng, Johar Baru, Kemayoran, dan Tanah Abang.

"Saya tahu benar kemampuan sahabat saya itu, tak hanya kualitas pemikirannya di olahraga, akan tetapi juga pandangan politiknya secara umum," ungkap Ronny Tanuwijaya, yang sudah berteman dengan Ronny Pangemanan sejak tahun 1990-an. Ronny Tanuwijaya yang juga pengusaha ini merasa cocok dengan Ronny Pangemanan. Bukan cuma karena kesamaan kesukaan pada sepak bola, juga kemiripan nama panggilan, yakni Rotan dan Ropan. Oleh karena itu juga Rotan tak perlu berpikir panjang untuk menerima keinginan Ropan yang menjadikannya sebagai ketua tim pemenangan.

Ropan (kanan) dan Rotan (kiri) bersama sebagian legenda sepak bola nasional.

"Pak Rotan menjadi ketua tim sukses atau tim pemenangan saya di Pileg ini," demikian disampaikan Ropan Jumat (21/9/2018) malam pada jamuan ulang tahunnya yang ke-53 yang digelar oleh Rotan di resto Chieng Tien, kawasan Batutulis, Jakarta Pusat. 

"Kita akan bersama-sama berjuang meloloskan Ropan ke Kebon Sirih," ujar Rotan, yang menghadirkan rekan-rekannya dari kalangan pengusaha dan komunitas sepak bola nasional. Dalam memuluskan langkah Ropan ke Kebon Sirih Rotan berencana menghidupkan kembali APSSI, Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia, organisasi yang menaungi mantan-mantan pemain dan pelatih sepak  bola nasional. "Saya yakin mantan-mantan pemain nasional mendukung Ropan," katanya.

Para legenda timnas mengamini pernyataan Rotan. Robby Binur, legenda timnas yang tinggal di kawasan Tanah Abang, dan Berty Tutuarima, menyatakan kesiapannya untuk turut dalam penggalangan suara. Menurut Ropan, untuk lolos ke Kebon Sirih dia membutuhkan sekitar 5000 suara. Dari daerah pertarungannya sendiri, di dapil I Jakpus, 12 yang akan lolos ke Kebon Sirih.