BRNO - Tim Yamaha Factory Movistar meluncurkan inovasi fairing aerodinamika baru yang digunakan pada motor YZR-M1 besutan Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Inovasi ini terlihat pada sesi tes resmi paruh musim kedua MotoGP 2017 yang di laksanakan di Sirkiut Brno, Ceko, Senin (07/8/2017).

Tujuan dari perubahaan fairing tersebut tentunya ingin menunjang performa dari motor YZR-M1 khususnya pada bagian akselerasi, alhasil pebalap utama mereka, Valentino Rossi berhasil menjadi yang tercepat, mematahkan catatan waktu yang torehkan oleh Marc Marquez dengan keunggulan 0,018 detik.

Meski fairing baru membuat motor lebih mudah dikendarai, Rossi rupanya tidak akan memakai ketika turun balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (13/8). “Red Bull Ring selalu tentang top speed, mungkin ini bukan fairing terbaik untuk Austria. Bagi saya, top speed sangat penting. Dan dengan fairing tipe ini, Anda sedikit kehilangan top speed,” paparnya, seperti yang dilansir oleh Motorsport, Selasa (08/8).

“Pada akhirnya, motor ini lebih mudah dikendarai, wheelie berkurang dan sedikit seperti memakai winglet. Tapi sepertinya mereka sekarang memeriksa data, dan tampaknya kami sedikit kehilangan top speed,” tambahnya. “Setelah GP Austria, fairing baru ini bisa menjadi opsi bagus untuk sirkuit lainnya.” Harap Rossi

Selain fairing baru, duo Yamaha juga menguji coba garpu serta karbon Ohlins, komponen yang diungkapkan Rossi akan ia gunakan di Red Bull Ring. “Itu adalah pilihan yang bagus. Yamaha sudah memakainya. Marquez mencobanya pada Sabtu dan terus memakainya. Ya, saya kira kami akan terus memakainya,” tandas The Doctor.

 

BREAKINGNEWS.CO.ID