BREAKINGNEWS.CO.ID – Kontroversi dibatalkannya MotoGP Silverstone, Inggris bulan lalu akibat cuaca buruk membuat CEO Dorna Sports selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta menegaskan bahwa balapan bisa ditunda dan digelar pada hari Senin atau Selasa. Terkait hal tersebut, Pembalap Movistar Yamaha, Valentino angkat bicara.

Balapan di Silverstone dibatalkan usai hujan deras mengguyur, ditambah kualitas aspal baru yang buruk, genangan air terjadi di mana-mana karena sulit meresap. Kecelakaan hebat yang dialami Tito Rabat pada sesi latihan keempat juga memperbesar rasa cemas pembalap.

Dorna Sports sempat memberikan opsi kepada pembalap dan tim untuk menggelar balapan pada hari Senin, seperti yang terjadi di MotoGP Qatar 2009 lalu. Meski begitu, mayoritas rider menolak hingga balapan pun harus benar-benar dibatalkan.

Hal ini pun telah dibahas dalam rapat Komite Keselamatan yang berisi para pembalap MotoGP di sela pekan balap Misano, San Marino dua pekan lalu. Rossi pun mencoba memberikan pemaparannya terkait batalnya MotoGP Inggris 2018 itu. Menurutnya, masalah utama balapan yang digelar sirkut Silverstone itu bukanlah hujan, melainkan kualitas aspal.

"Kami sempat berdiskusi soal apakah kami harus balapan pada hari Minggu, Senin atau Selasa. Tapi masalah di Silverstone adalah aspal. Setiap pengelola sirkuit harusnya mampu menyediakan aspal yang bisa dipakai saat hujan, maka kami tak perlu menunda balapan di hari Senin atau Selasa. Intinya, aspal Silverstone buruk. Itulah masalahnya, bukan cuaca," ujar Rossi dikutip Speedweek.

Rossi juga yakin bahwa penundaan balap akan memengaruhi kinerja pengelola sirkuit. "Jika kami terbiasa menunda balapan sampai beberapa hari, tak akan ada pengelola sirkuit yang cemas soal kualitas aspal. Jadi ini bukan solusi dari masalah," ungkap sembilan kali juara dunia ini.

Di lain sisi, Rossi mengaku bukan berarti dirinya benar-benar menutup kemungkinan untuk balapan pada Senin atau Selasa, asal situasinya memang benar-benar tak memungkinkan. "Sejatinya tak masalah buat saya jika kami harus balapan pada Senin atau Selasa. Kami hanya harus memastikan ada cukup waktu untuk berangkat ke balapan berikutnya," pungkas Rossi.