BREAKINGNEWS.CO.ID - Pandemi virus Corona telah membuat aktifitas di berbagai bidang kehidupan terganggu. Tak terkecuali bidang olahraga yang menuntut manusia untuk terus bergerak aktif agar tetap sehat. Berbagai event olahraga mulai tingkat daerah, nasional hingga internasional terpaksa harus ditunda bahkan dibatalkan. Contohnya adalah PON, SEA Games, ASEAN Para Games, Olimpiade dan Paralympiade serta single-single even lainnya yang berhenti atau mundur. Praktis dalam dua bulan terakhir sejak Maret, olahraga Indonesia vakum.

Kondisi ini membuat Rosi Nurasjati tergerak untuk berbuat sesuatu bagi olahraga Indonesia. Rosi yang merupakan legenda karate Indonesia dan memiliki latar belakang sebagai pendidik merasa terpanggil untuk mengajak insan olahraga nasional tetap aktif di masa pandemi.

"Sebagai mantan atlet dan pengurus aktif di PB Lemkari Anton Lesiangi yang juga kebetulan punya pengalaman sebagai pendidik. Saya merasa terpanggil untuk mengajak komunitas olahraga nasional untuk tetap semangat. Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar akibat Pandemi Corona tidak boleh jadi penghalang bagi insan olahraga nasional untuk tetap berkarya," tutur mantan juara Asia dua kali pada 1995 dan 1997 ini.

Dengan memadukan spirit olahraga dan kemajuan teknologi informasi (aplikasi Zoom) Rosi kemudian menggagas kegiatan Coaching Clinic Online Pelatihan Karate Tingkat Nasional 2020 pada 3 Mei lalu. Gagasan Rosi disambut antusias oleh insan karate yang bernaung di bawah Perguruan Besar Lembaga Karate-Do Indonesia Anton Lesiangi.

"Animo teman-teman pelatih yang ingin ikut coaching Clinic online luar biasa. Kami terpaksa harus membatasi jumlah peserta pada kegiatan perdana. Nah, untuk mengakomodir teman-teman yang tidak tertampung kami gelar kegiatan secara bergelombang. Jumlah peserta di setiap gelombang terus meningkat," ungkap wanita kelahiran Bandung ini.

"Banyak pelatih-pelatih di daerah yang kehausan akan ilmu tentang kepelatihan, selama ini mereka hanya mengandalkan pengalaman masa lalu atau transfer knowledge dari pelatih-pelatih terdahulu," tandas Rosi yang menerima penghargaan dari pemerintah sebagai "Legenda Olahraga Indonesia 2018".

Berbagai kegiatan Coaching Clinic dan seminar online olahraga yang telah dilaksanakan oleh Rosi, antara lain, Coaching Clinic Hypnochampion On Line Tingkat Nasional untuk Pelatih Wushu,. Coaching Clinic On Line Pelatih Karate Tingkat Nasional Lemkari AL, dan dilaksanakan hingga 4 gelombang. Di mana Rosi membawakan materi "The Principles Of Training". Seminar Nasional Kepelatihan On Line. Dalam seminar ini Rosi membawakan materi tentang "Membangun Jiwa Pemenang".
Sebagai Narasumber untuk Webinar bagi Para Pelatih ASEAN Para Games dan Paralympic Games dengan materi Anual Training Program. Seminar Kepelatihan On Line untuk Cabang Olahraga Renang, saya membawakan meteri: Metodologi Melatih.

Sukses menggelar kegiatan Coaching Clinic Online di lingkup perguruan karate Lembaga Karate-Do Indonesia Rosi semakin bersemangat untuk mengajak komunitas olahraga nasional mengisi masa pandemi virus Corona dengan berbagai kegiatan positif.

Teranyar Rosi bersama kolega-koleganya di Kwartet Nusantara menyelenggarakan Seminar Online Olahraga Tingkat Nasional. Lagi-lagi kegiatan disambut antusias oleh komunitas olahraga nasional. Rosi dan kawan-kawan terpaksa harus membatasi jumlah peserta karena membludak. Selain sebagai penggagas Rosi juga tampil sebagai pembicara dalam berbagai kegiatan pelatihan virtual tersebut.

Kegiatan Coaching Clinic online Pelatihan Karate Tingkat Nasional 2020 yang digagas Rosi menyebarluas ke komunitas olahraga nasional. Mendadak Rosi pun kebanjiran permintaan untuk mengadakan kegiatan Coaching Clinic online,. Seminar online olahraga dan lain-lain. Bukan hanya dari lintas perguruan karate tetapi juga lintas cabang olahraga.

"Senang karena kegiatan yang kami gagas disambut antusias oleh insan olahraga nasional. Banyak yang minta untuk mengadakan kegiatan serupa di cabor lain. Mungkin karena sudah cukup lama vakum jadi semuanya jadi haus akan kegiatan. Yang pasti semua jadi bersemangat dan aktif lagi," tandas Rosi.

Di tengah kepadatan tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Rosi terus aktif menggerakkan komunitas olahraga nasional di tengah Pandemi. Tak hanya itu, Rosi juga terus berupaya memperluas cakupan kegiatannya. Jika sebelumnya hanya menjangkau kalangan pelatih atau pengurus induk cabang olahraga kini mulai menyentuh kalangan atlet sebagai entitas terpenting dalam pembinaan olahraga.

Rosi telah merancang empat kegiatan usai Idul Fitri. Keempat kegiatan tersebut antara lain, Silaturahmi Akbar KarateKa Lemkari AL Se Indonesia dengan Daring juga, dilanjutkan Sarasehan dengan Mengupas tentang Bushido Karateka, Coaching Clinic On Line Tingkat Nasional Perguruan Wadokai Indonesia, Virtual TalkShow dengan Legenda Karate Indonesia, WorkShop Hypnochampion , Virtual Kata Championship dan Virtual Training Bersama Dewan Guru Lemkari AL (akan diikuti oleh 500 Karatek Sabuk Hitam Seluruh Indonesia).

"Sejatinya, saya hanya ingin bermanfaat bagi orang banyak hingga akhir hayat, dengan cara berbagi ilmu dan pengalaman di bidang olahraga," tutup Dr Rosi.

Biodata Dr Rosi Nurasjati:

Lahir Bandung 16 April 1972

PENDIDIKAN :

SD : 1984 (di Kulalet I Bale Endah)

SMP : 1987 SMPN Banjaran Bandung

SMA : 1991 SMA Bale Endah Jurusan Fisika (siswa teladan)

Perguruan Tinggi:

FPOK IKIP Bandung S1 lulus 1996

Pascasarjana UNPAD Bandung 1999

Melanjutkan S2 di UNJ (Program pendidikan Olahraga) 2006

Raih gelar Doktor 17 Februari 2015.

PRESTASI:

1. Medali emas ASEAN Merdeka Games di Brunai Darussalam 1989

2. Medali perunggu ASIA PASIFIK (APUKO) di New Zealand tahun 1991

3. Medali perak dan perunggu ASIA (AUKO/AKF) di Taiwan tahun 1993

4. Medali perak kejuaraan dunia (WKF) di Fukuoka jepang 1994

5. Medali perunggu Asian Games Hiroshima tahun 1994

6. Medali emas kejuaraan Asia (AUKO/AKF) di Manila tahun 1995

7. Semifinal kejuaraan dunia WKF di Afrika Selatan tahun 1996

8. Medali emas kejuaraan Asia (AUKO/AKF) di Makau tahun 1997

9. Medali emas dan perunggu SEA Games 1997

10. Medali perunggu Asia Pasifik pada Australia Open 1998.

Prestasi sebagai Pelatih Nasional : 

1. 3 Emas, 8 Perak dan 10 Perunggu SEA Games Vietnam 2003

2. Juara Umum SEA Games Filipina 2005 

3. 1 perak 3 Perunggu Asian Games Qatar 2006

4. 1 perunggu di WKF Findlandia 1996

5. 1 Emas, 1 perak 1 perunggu Golden League di Jerman 1996

6. 3 Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu Golden League di Swiss

7. 1 Emas, 1 perak dan 1 Perunggu di Kejuaraan Asia thn 2003.