BREAKINGNEWS.CO.ID – Tokoh oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akan hadir serta berpidato dalam forum kepemimpin petinggi bisnis The ECGL Leadership Forum 2018, yang diprakarsai oleh firma think-tank Executive Center for Global Leadership (ECGL). Acara bertajuk "Redefining Leadership Making a Difference" itu akan diselenggarakan di Ballroom Fairmont, Jakarta, 4 Juni 2018 mendatang.

Perhelatan itu mengundang jajaran pimpinan berbagai BUMN RI, perusahaan swasta, duta besar negara sahabat, dan ketua lembaga tinggi negara. Tanri Abeng, pendiri serta pimpinan ECGL menjelaskan bahwa forum itu diharapkan mampu menjadi wadah yang mencerahkan bagi para peserta dalam menghadapi berbagai tantangan terkini seputar dunia usaha dan bisnis Indonesia di tengah era digital dan global.

"Forum ini dapat membantu pergerakan bisnis Indonesia, dengan memanfaatkan segala kemampuan dan sarana terbaru, termasuk politik, dalam melihat peluang bisnis secara jeli pada masa kini," kata Tanri Abeng, pendiri dan pimpinan ECGL dalam konferensi pers pada Senin (2/7/2018), dua hari sebelum pelaksanaan forum. "Harapannya, dengan forum ini, pebisnis dan bangsa Indonesia akan merasakan manfaat positif di bidang ekonomi serta bisnis pada masa mendatang," tambah mantan Menteri BUMN RI pertama itu.

Mengomentari kehadiran tokoh oposisi Malaysia Anwar Ibrahim sebagai salah satu pembicara kunci dalam forum tersebut, Tanri mengatakan: "Dia (Anwar) itu tengah berproses menjadi perdana menteri Malaysia kan, Perdana Menteri Mahathir Mohamad pun saat ini tengah "menyiapkannya" ke arah sana. Jadi saya rasa, kehadiran Anwar sangat penting."

Tanri pun menilai, hadirnya pejabat tinggi RI bersama Anwar Ibrahim dalam forum itu "Akan membuka jalan bagi hubungan bisnis dan politik yang lebih harmonis lagi bagi Indonesia-Malaysia pada masa mendatang." Menteri BUMN, Rini Soemarno dijadwalkan mendapat giliran pertama menyampaikan pidato kunci bertemakan, "Kepemimpinan dalam Badan Usaha Milik Negara".

Wapres RI, Jusuf Kalla akan mendapat giliran kedua, dengan menyampaikan pidato kunci bertajuk, "Kebijaksanaan dalam Memimpin." Sedangkan Anwar Ibrahim, dengan tema pidato "Kepemimpinan Politik", akan bersua pada sesi makan siang formal (luncheon speech).

Ini menjadi 'safari politik' kedua Anwar Ibrahim ke Indonesia sejak dirinya bebas dari penjara usai mendapat pengampunan dari Raja Malaysia pada 16 Mei 2018. Empat hari kemudian, pada 20 Mei 2018, mantan wakil perdana menteri Malaysia itu melaksanakan pertemuan dengan Presiden ketiga RI, BJ Habibie di Jakarta. Hal itu, menjadikan Habibie dan Jakarta sebagai figur serta lokasi di luar negeri yang pertama kali dikunjungi oleh Anwar setelah dirinya menghirup udara bebas.