BREAKINGNEWS.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bertemu guru SDIT Darul Maza Bekasi, Rabiatul Adawiyah yang dipecat gara-gara memilihnya di Pilgub Jabar. Dia pun menjanjikan Rabiatul pekerjaan baru dalam waktu dekat ini. Pertemuan Emil, sapaan Ridwan Kamil, dengan Rabiatul terjadi di rumah pemenangan, Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Minggu (1/7/2018). Kedatangan Rabiatul untuk memenuhi undangan Emil.

Mereka berbincang santai terkait persoalan yang menimpa Rabiatul. Emil bersyukur persoalan ini telah selesai. "Pada dasarnya per hari ini kami tidak mau memperpanjang, yang penting sudah damai, ada perbincangan yang saling memahami," kata Emil di sela-sela perbincangan.

Dia mengaku sedang mengupayakan mencarikan pekerjaan baru untuk Rabiatul. Rencananya tempat pekerjaan baru untuk Rabiatul juga akan tetap berada di kawasan Bekasi. "Beliau ingin bekerja di tempat kerja yang baru, nyaman lahir batin tapi tidak jauh dari keluarga. Karena ada amanat dari orang tua untuk dekat dengan rumahnya, berarti di Bekasi," ungkap Cagub Jabar nomor urut satu ini.

Menurut dia, pekerjaan baru untuk Rabiatul tidak perlu kembali menjadi guru. Ia sedang mencarikan bidang pekerjaan lain yang masih berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM). "Karena pendidikannya ini dari UPI, jadi latar belakangnya di sana, jadi dalam dunia pendidikan tidak harus sebagai pelajar, bisa manajeman, konseptor, banyak lah pilihan," ujar Emil.

Sementara itu, Rabiatul mengaku belum mengetahui bakal bekerja di bidang apa nantinya. Ia masih menunggu pekerjaan baru yang dijanjikan oleh Emil. "Saya tunggu informasi dari bapak saja. Saya belum tahu (bidang), belum ingin kesitu, tunggu kabar dari bapak saja," kata Rabiatul.

Rabiatul Adawiyah adalah seorang guru di SDIT Darul Maza, Jatiasih, Bekasi. Seorang guru di sekolah tersebut, Tri, mengatakan apa yang terjadi dengan Robiatul merupakan sebuah kesalahpahaman.

Dia menduga ada faktor emosi saat berbicara sehingga salah paham. Tri juga menegaskan tidak ada arahan dari pihak sekolah untuk memilih salah satu calon tertentu. "Saya bisa sampaikan semua yang terjadi sudah selesai, sudah tidak ada masalah apapun, sudah clear, sudah diselesaikan dengan musyawarah. Itu hanya kesalahpahaman. Tidak ada yang dipecat atau di-PHK," kata Tri di SDIT Darul Maza di Jl Gapin, Jatiasih, Bekasi, Jumat (29/6/2018).