BREAKINGNEWS.CO.ID - Lionsgate kembali memproduksi film bergenre thriller misteri berjudul A Simple Favor. Dibintangi dua aktris kenamaan Hollywood Anna Kenderick dan Blake Lively. Film yang diarahkan sutradara Paul Feig ini bisa dikatakan memiliki plot yang cukup rumit untuk di mengerti jika tidak menontonnya secara seksama, terlebih jika tidak dari awal film.

Kenapa dikatakan rumit, penonton dibawa ke sebuah cerita yang memiliki plot maju dan mundur. Tentang siapa itu Stephanie Smothers (Anna Kenderick), seorang single mom yang ternyata harus berjuang hidup dari uang asuransi kematian suaminya karena kecelakaan. Mau pun Emily Nelson aka Hope McLanden/Faith McLanden (Blake Lively), seorang wanita karir yang memiliki kehidupan rumit dalam rumah tangganya dan memiliki masa lalu yang cukup kelam.

Film ini di negeri asalnya Amerika sebenarnya sudah tayang sejak 14 September 2018 lalu. Selama penayangannya hingga kini, kritikus film maupun situs resmi untuk mengulas film seperti Rotten Tomatoes memberikan tanggapan positif yang rata-rata memberikannya di atas 70 persen. Plot cerita yang menggambarkan “mommy noir spell” bahkan mendapatkan apresiasi, terlebih akting dari kedua bintangnya Anna Kenderick dan Blake Lively yang membuat hal tersebut semakin kuat.

Untuk Indonesia dan yang pasti fans dari kedua aktris cantik tersebut harus sedikit lebih bersabar untuk menyaksikan film berdurasi kurang lebih 117 menit. A Simple Favor baru akan tayang pada pertengahan Oktober 2018 mendatang.

Selain itu film ini juga sempat mengikuti festival film yang diadakan di Hamburg, Jerman. Dalam ajang Filmfest Hamburg 2018, A Simple Favor menjadi satu dari kurang lebih 126 film dari berbagai negara yang ikut berpartisipasi selama penyelenggaraannya dari 27 September hingga 6 Oktober 2018 kemarin.

Singkat cerita, A Simple Favor mengisahkan Stephanie Smothers seorang single mom dan juga vlogger untuk kerajinan dan resep makanan juga minuman. Secara tiba-tiba dirinya bisa bersahabat dengan Emily Nelson seorang wanita karir dan memiliki posisi sebagai PR di sebuah perusahaan fashion. Hal itu dikarenakan anak mereka bersekolah di tempat yang sama.

Semakin lama keduanya pun akrab dan mulai menceritakan kehidupan masing-masing, bahkan yang terburuk sekalipun. Suatu hari Emily harus pergi ke Miami karena urusan pekerjaan dan meminta sahabatnya Stephanie untuk menjaga anaknya Nicky selama Sean, suaminya berada di London.

Tidak ada kabar mengenai Emily, Stephanie kemudian menghubungi Sean yang saat itu berada di London untuk melaporkan kejadian tersebut. Merasa ada yang tidak beres dengan hilangnya Emily secara tiba-tiba, Stephanie mencoba mencari informasi lebih jauh hingga ke perusahaan tempat Emily bekerja.

Diketahui Emily sempat menyewa sebuah mobil berwarna putih untuk berpergian ke Miami. Mendapatkan petunjuk yang berarti, Stephanie yang merupakan seorang vlogger meminta bantuan dari pengikutnya jika menemukan ciri mobil yang di maksud. Mendapatkan petunjuk mengenai mobil yang dikendarai Emily, pihak kepolisian segera bertindak dan sayangnya Emily ditemukan tewas di dasar danau.

Merasa ada yang janggal dengan kematian Emily, Stephanie secara diam-diam mencoba menggali informasi dari semua sumber yang berkaitan dengan sahabatnya tersebut. Terlebih anaknya Miles dan sahabatnya Nicky yang merupakan anak dari sahabatnya melihat sosok Emily yang berkeliaran di sekitar sekolah mereka.

Satu per satu fakta mengejutkan didapatkan mengenai sahabatnya tersebut. Mulia dari uang asuransi senilai 4 juta US dollar hingga mengetahui Emily ternyata memiliki saudara kembar. Dimana saat remaja dahulu Emily dan saudara kembarnya yang menyebabkan kebakaran di salah satu bagian dari rumahnya hingga menyebabkan ayah mereka meninggal. Misteri kenapa Nicky dan Miles melihat sosok Emily sejak berita kematiannya, terjawab sudah.

Mengetahui hal tersebut, Stephanie yang merasa jengkel akhirnya memberikan pesan singkat untuk Emily yang bernama asli Hope McLanden untuk bertemu dengannya dan menjelaskan alasan dirinya seolah sudah meninggal.

Emily aka Hope akhirnya bertemu dengan Stephanie dan menjelaskan tentang kejadian kebakaran yang menyebabkan ayahnya meninggal. Saat remaja dulu dirinya dan Faith memutuskan untuk berpisah sementara waktu dan akan berkumpul kembali untuk menjadi tim yang solid seperti dulu. Namun, Faith tidak pernah muncul di tempat yang mereka janjikan dahulu.

Merasa saudara kembarnya sudah tidak peduli, Emily akhirnya menjalani hidupnya dan memiliki kehidupan yang menyenangkan karena memiliki segalanya, harta, suami dan anak. Secara tiba-tiba Faith muncul dan mulai memerasnya dengan meminta uang 1 juta US dollar atau fakta kebakaran dahulu akan dibongkarnya. Bahkan Faith mengancam akan melukai anak semata wayangnya, Nicky.

Tak ingin segalanya hilang dari hidupnya, Emily kemudian membunuh kembarannya tersebut dan menenggelamkannya ke dasar danau. Kenyataan dirinya sudah ketahuan sahabatnya belum meninggal, kemudian mengajak Stephanie untuk bekerja sama dengan menjadikan Sean sebagai kambing hitam dan memenjarakannya.

Stephanie yang terlihat lugu ternyata tidak sebodoh penampilannya, dirinya ternyata sudah terlebih dahulu bekerja sama dengan Sean dan pihak kepolisian dengan menjebak Emily untuk mengakui perbuatan atas kejahatan pembunuhan ayah dan saudara kembarnya. Emily yang mengetahui hal tersebut kemudian merusak alat perekam yang ingin digunakan untuk menjebaknya. Dan mengetahui sandiwara Stephanie dan Sean dengan berpura-pura menembaknya.

Merasa sudah menang tanpa sengaja Emily mengakui perbuatannya di depan Stephanie dan Sean yang menurutnya sudah tidak memiliki alat perekam. Dengan teknologi saat ini yang semakin canggih, Stephanie membongkar kejahatan temannya melalui siaran live vlog miliknya.

Sejak saat itu, vlog Stephanie yang sebelumnya merekam mengenai kerajinan dan resep makanan juga minuman menambah satu jasa yaitu membantu menyelidiki kasus yang dialami oleh pengikutnya layaknya seorang detektif.
Selain kedua bintang utamanya Anna Kenderick dan Blake Lively, film A Simple Favor juga di bintangi aktor dan aktris seperti Hendry Golding (Sean Townsend-Nelson), Andrew Rannells (Darren), Andrew Rannells as Darren, Linda Cardellini as Diana Hyland, Rupert Friend as Dennis Nylon, Jean Smart as Margaret McLanden serta dua aktor cilik yang berperan sebagai anak, Ian Ho as Nicky Townsend dan Joshua Satine as Miles Smothers.