BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Formula 1 asal Monako, Charles Leclerc resmi memperkuat tim Scuderia Ferrari musim depan menggantikan Kimi Raikkonen yang pindah ke tim Suber. Keputusan tersebut diumumkan langsung oleh pihak Ferarri jelang balapan GP Singapura 2018 yang akan dihelat pada akhir pekan ini di sirkuit Jalan Raya Marina Bay.

Leclerc menjelma menjadi bintang baru di Formula 1 setelah tampil apik pada musim debutnya bersama Sauber. Leclerc tercatat sudah lima kali mendulang poin termasuk hasil finis keenam pada GP Azerbaijan yang merupakan prestasi terbaiknya di balik kemudi mobil C37. Selain itu pada musim ini, Leclerc juga beberapa kali berhasil mengantarkan Sauber ke babak Q3 kualifikasi, dan kerap mengungguli rekan setimnya yang jauh lebih berpengalaman, Marcus Ericsson.

Leclerc sudah tergabung dalam program Ferrari Driver Academy sejak 2016. Sebelum menembus F1, pembalap yang Oktober nanti akan berumur 21 tahun itu merupakan kampiun GP3 Series dan Formula 2. Penampilan impresif Leclerc mendapat perhatian dari mendiang Sergio Marchionne, sang mantan bos Ferrari.

Awalnya sempat ada kabar bahwa Ferrari menjajaki kemungkinan mempertahankan jasa Raikkonen, mengingat performanya yang meningkat dan hubungan dekat pembalap Finlandia itu dengan bos baru Ferrari, Louis Camilleri. Tapi pada akhirnya skuat Maranello itu memilih memenuhi keinginan Marchionne dengan mengangkat Leclerc sebagai rekan setim baru Sebastian Vettel di musim 2019 mendatang.

Leclerc akan menjadi pembalap termuda kedua dalam sejarah yang membela Ferrari - hanya lebih tua dari Ricardo Rodriguez. "Mimpi menjadi kenyataan... Saya akan mengemudi untuk Scuderia Ferrari untuk Kejuaraan Dunia Formula 1 2019," kata Leclerc di Twitter. "Saya akan selamanya berterima kasih kepada Scuderia Ferrari atas kesempatan yang telah diberikan.

"Kepada Nicolas Todt yang telah mendukung saya sejak 2011. Kepada keluarga saya. Bagi seseorang yang bukan bagian dari dunia ini lagi tetapi kepada dialah saya berhutang atas semua yang terjadi pada saya, Papa. Untuk Jules, terima kasih untuk semua hal yang membuat saya belajar, kami tidak akan pernah melupakan kamu, dan kepada semua orang yang mendukung dan mempercayai saya. Saya akan bekerja lebih keras dari sebelumnya untuk tidak mengecewakan kalian. Tapi pertama-tama, ada musim yang harus diselesaikan bersama tim luar biasa yang memberi saya kesempatan untuk bertarung dan menunjukkan potensi saya. Ayo Tim F1 Sauber," katanya di lansir Motorsport.com.