BREAKINGNEWS.CO.ID - Jika kita membuka situs internet Google, Anda akan dikejutkan dengan tampilan menarik di halaman utama mesin pencarian raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut dalam animasi berbentuk balon yang membentuk kata Google dengan angka 20 di tengahnya.

Setiap tahunnya, Google merayakan hari ulang tahunnya sebagai bentuk komitmen senantiasa menyajikan dan memudahkan kepada pemakainya untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya.

Tepat hari ini, Kamis 27 September 2018, merupakan hari ulang tahun ke-20 Google. Salah satu bentuk perayaan mesin pencari terbesar di muka bumi tersebut adalah dengan memajang Google doodle.

Doodle spesial tersebut berbentuk balon yang membentuk kata Google dengan angka 20 di tengahnya. Jika diklik, doodle tersebut akan menampilkan sebuah video YouTube yang berisi animasi sejumlah kata pencarian dalam berbagai bahasa.

Dimulai dari kata kunci "What is Google" di mesin pencari Google versi lawas. Yang menarik, Google turut menyertakan kata kunci pencarian dengan bahasa Indonesia. Kata kunci yang dipilih adalah, "Apa itu selfie" yang diucapkan seorang perempuan.

Mesin pencari Google dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin lebih dari dua dekade silam yang lalu. Sejak tahun 1996, dua sahabat ini merancang dan mengembangkan Google hanya dari sebuah kamar asrama.

Pada Agustus 1998 menjadi titik cerah bagi keduanya. Pendiri Sun Microsystem, Andy Bechtolsheim memberi kucuran dana sebesar 100.000 dollar AS sebagai investasi awal untuk Google. Dengan dana ini, pada 4 September 1998 Google secara resmi didaftarkan sebagai perusahaan.

Investasi membuat perusahaan yang baru berdiri itu berpindah "kantor" dari yang mulanya di kamar asrama ke sebuah garasi di daerah Menlo Park, California. Garasi ini adalah milik Susan Wojcicki yang tak lain adalah CEO YouTube sejak 2014 lalu.

Pada awal tahun 2000-an Google tumbuh dengan semakin pesat dan akhirnya menetap di kantor pusat baru di kawasan Mountain View, California pada tahun 2003.

Dirangkum dari DailyMail, di tahun berikutnya Google secara resmi melantai di bursa saham NASDAQ pada Agustus 2004. Meski Google pertama kali terdaftar sebagai perusahaan pada tanggal 4 September 1998, sejatinya tak ada yang benar-benar yakin soal kapan tanggal lahirnya Google yang tepat.

Google pun beberapa kali mengubah tanggal perayaan ulang tahun sejak pertama kali didaftarkan sebagai perusahaan dua dekade silam.

Pada 8 September 2003, Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-5. Namun pada tahun 2004, tanggal perayaan ulang tahun diubah dan dirayakan pada tanggal 7 September.

Kemudian pada tahun 2005, Google kembali mengubah hari ulang tahunnya. Kala itu mereka merayakan ulang tahun pada tanggal 26 September. Barulah di tahun 2006, raksasa mesin pencari ini merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 27 September.

Namun bila melihat dari perspektif perusahaan, maka tanggal 4 September bisa jadi merupakan hari kelahiran Google yang paling masuk akal. Pasalnya pada tanggal inilah Google pertama kali resmi berdiri menjadi sebuah perusahaan.

Walau demikian, jangan dilupakan bahwa Google telah dirintis sejak 1996 silam di mana mesin pencari ini didirikan sebagai proyek riset di Stanford University. Larry Page dan Sergey Brin mendaftarkan alamat "Google.com" sejak 15 September 1997.