BREAKINGNEWS.CO.ID - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud mengundang sebanyak 40 warga negara Indonesia (WNI) untuk naik haji. Sebanyak 40 orang yang terdiri dari tokoh dan akademisi itu diterbangkan pada Minggu (12/8/2018) ke tanah suci.

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi menuturkan, mereka yang diundang merupakan tokoh-tokoh muslim yang mempunyai pengaruh positif.

"Pemberangkatan haji dari Indonesia diberikan Raja kepada orang-orang yang berperan pengaruh positif muslim di Indonesia," kata Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi di Jakarta, Minggu (12/8).

Kontribusi 40 orang tersebut dinilai besar di Indonesia sehingga mendapatkan suatu kehormatan diundang secara khusus oleh Raja Salman. Mayoritas mereka yang diundang belum pernah menunaikan Rukun Islam kelima itu.

"80 persen belum pernah haji, 20 persennya sudah pernah berangkat," kata Osama. Meskipun sudah ada yang berangkat haji, akan tetapi menurut Osama, berhaji atas undangan Raja Salman menjadi sebuah kehormatan tersendiri. 

Salah satu tokoh yang diundang Raja Salman untuk berhaji adalah Sekretaris Jendral Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini. Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini diundang sebagai perwakilan dari PBNU. Berbeda dengan jemaah haji pada umumnya, para undangan ini akan berada di Tanah Suci untuk berhaji hanya selama dua pekan.

"Kami akan melakukan kegiatan haji di sana seperti program haji pada umumnya. Semoga selamat sampai kembali lagi ke Indonesia," kata Helmy.