BREAKINGNEWS.CO.ID - Presiden Cina, Xi Jinping, di tengah-tengah kunjungan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, menyatakan bahwa Beijing tetap mempertahankan persahabatannya dengan Iran.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (21/2/2019), Iran merupakan pemasok minyak terbesar keempat ke Cina pada tahun 2018 lalu. Akan tetapi, Cina berupaya meningkatkan kehadirannya di dunia Arab. Di sisi lain, Cina bersahabat dengan Iran yang merupakan seteru Arab Saudi.

Pendekatan Cina dengan Arab Saudi ditandai dengan kedatangan Raja Salman pada 2017 lalu. Menurut Kementerian Luar Negeri Cina, dalam pertemuan dengan ketua parlemen Iran, Ali Larijani pada Rabu (20/2) lalu, Xi Jinping menuturkan bahwa kedua negara sudah bersahabat sejak lama dan saling memiliki rasa percaya yang telah teruji.

Ia juga tidak peduli dengan situasi internasional, dan tetap pada tekad awal untuk tetap mengembangkan kerjasama strategi yang komprehensif dengan Iran. Xi Jinping juga ingin memperdalam sikap saling percaya dan terus saling mendukung satu sama lain.

Cina juga memberi dukungan kepada Iran dalam upaya konstruktif untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional, dan bersedia untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan erat pada masalah-masalah regional.