BREAKINGNEWS.CO.ID - PSSI telah menunjuk Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22. pada 20 Desember 2018. Akan tetapi, struktur kepelatihan dan kerangka tim, hingga saat ini belum terlihat. Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengungkapkan, semuanya akan selesai dalam waktu dekat ini.

"Untuk pemilihan dan pembentukan tim kepelatihan sendiri biasanya PSSI rata-rata butuh waktu dua Minggu. Seperti tempo hari sama coach Indra Sjafri (timnas U-22) itu dua sampai tiga minggu kita membentuk tim kepelatihan bersama," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (10/1/2019).

"Hari ini kita sudah komunikasi dengan Simon. Akan ada meeting dalam waktu dekat 1-2 hari ini untuk bisa membentuk tim kepelatihan secara bersama-sama lalu kemudian administrasinya kita selesaikan, kontrak dan lain sebagainya," katanya menambahkan.

Terkait pemilihan pemain, PSSI menyerahkan sepenuhnya kepada Simon. Setelah tim kepelatihan terbentuk, barulah para pemain Timnas Indonesia bakal dipilih. "Kira-kira kita butuh waktu dua minggu ke depan untuk bisa menyusun tim kepelatihan yang komplit. Nah, setelah tim kepelatihan terbentuk barulah itu nanti punya kewenangan dari tim kepelatihan menentukan pemain. Setelahnya baru akan dikomunikasikan ke PSSI," imbuh Tisha.

Adapun, pada tahun ini, tidak ada turnamen yang bakal diikuti oleh Timnas Indonesia. Skuat berjuluk Garuda itu hanya akan mengisi kekosongan jadwal dengan berbagai uji coba.

Simon merupakan salah satu pelatih asing berpengalaman di Indonesia. Pelatih asal Skotlandia itu memulai karier di Liga Indonesia ketika menangani Mitra Kukar pada 2011. Sempat menangani Pelita Bandung Raya pada 2013, Simon kemudian dipercaya melatih Bhayangkara FC pada 2017. Simon sukses membawa Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 2017 yang merupakan edisi perdana Liga 1. Musim ini Bhayangkara FC finis di posisi tiga klasemen akhir Liga 1 2018.

Nama Simon sudah masuk radar PSSI sebagai menjadi salah satu kandidat pengganti Luis Milla usai Asian Games 2018. Namun, PSSI kemudian memilih Bima Sakti untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.Ini adalah kali kedua McMenemy menjadi pelatih level tim nasional. Sebelumnya, pelatih 41 tahun itu menangani timnas Filipina yang sukses melangkah ke semifinal Piala AFF 2010.