JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). Saat perayaan, Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat asal Banjar, Kalimatan Selatan. Sedang, Ibu Negara Iriana Jokowi kenakan pakaian adat minang.

Presiden juga sempat menyalami beberapa tamu yang ada di Istana yang sebelumnya duduk di mimbar paling utama. Perayaan Hari Kemerdekaan di Istana kesempatan ini memanglah terlihat berbeda. Nuansa kebudayaan juga benar-benar sangat terasa. Jokowi dan para tamku undangan seolah ingin menunjukkan ke-Indonesia-an dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Presiden juga mengundang beberapa masyarakat dari suku-suku pedalaman, seperti Suku Anak Dalam dan Suku Baduy. Khusus untuk masyarakat dari suku-suku tersebut, protokoler Istana Negara dalam berbusana dilongkarkan. Pihak Kepresidenan menghargai keragaman budaya suku-suku tersebut. 

Beberapa tamu Istana diminta untuk kenakan beragam macam pakaian adat daerah. Bahkan juga sejumlah tamu kenegaraan juga terlihat ada yang kenakan pakaian ciri khas negaranya. Tidak cuma itu, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga terlihat kenakan pakaian adat. Tetapi, baju adat yang dikenakan disarankan yang bisa memudahkan tugas Paspampres.

Dalam peringatan HUT RI tahun ini, beberapa tamu undangan kenegaraan juga tampak hadir seperti Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta Ani Yudhoyono, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden keenam Try Sutrisno, dan lain-lain.

Sedang, beberapa menteri kabinet kerja juga menghadiri upacara ini. Salah satunya yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan, Menkopolhukam Wiranto, dan sebagainya.