BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung fasilitas pengunjung untuk masyarakat berkebutuhan khusus di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa (16/10/2018).

Jokowo tiba di GBK pada pukul 09.00 WIB. Ketika turun dari mobil kepresidenan, ia langsung disambut oleh beberapa menteri seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasmita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam acara kali ini, orang nomor satu di Indonesia ini meninjau langsung fasilitas toilet yang berada di kawasan GBK. Presiden Joko Widodo sendiri merasa cukup puas dengan fasilitas bagi pada difabel yang ada di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

"Kali ini Kita ingin melihat langsung fasilitas untuk para difabel terutama yang berkaitan dengan fasilitas yang ada di Senayan, baik itu toilet, musala, trotoar, serta beberapa fasilitas menuju ke bangku penonton, saya kira 80 persen sudah baik," ungkap Jokowi setelah meninjau langsung GBK pada Selasa (16/10/2018).

Meski sudah merasa cukup puas dengan beberapa fasilitas yang dimiliki GBK, Jokowi ternyata masih memiliki sejumlah catatan khusus terhadap fasilitas bagi para difabel di GBK.

"Semua sudah 80 persen lah. Wastafel ketinggian, pintunya harusnya sliding bukan dorong," lanjut Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi sendiri mengakui jika dirinya ingin mendorong agar semua provinsi kota serta kabupaten juga ramah terhadap para penyandang disabilitas. Ia ingin fasilitas untuk kaum difabel harus tersedia di ruang publik, fasilitas umum, dan juga transportasi umum.

"Ini yang kedepan ingin terus kita dorong sehingga yang kurang apa, nanti secara detail saya diberi masukkan oleh Pak Menteri PU, Pak Gubernur juga beri masukan," pungkasnya.

Selanjutnya, Jokowi yang ditemani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melanjutkan dengan melihat kondisi fasilitas jalur penuntun dan petunjuk bagi disabilitas khususnya tunanetra di guiding block. Ia juga meninjau tempat main kaldron, yang merupakan tempat monumen api Asian Games 2018 lalu.