BREAKINGNEWS.CO.ID - Prancis berhasil melaju ke partai final Piala Dunia 2018 setelah menaklukkan Belgia di babak semi final. Bermain di Stadion Saint Petersburg, Selasa (10/7/2018), Les Bleus menang dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang itu diciptakan oleh Samuel Umtiti menit 51. Pada babak final, pasukan Didier Deschamps menanti lawan antara Kroasia atau Inggris.

Kedua tim bermain menyerang sejak babak pertama dimulai. Namun, tidak ada gol yang tercipta. Belgia memanfaatkan kekuatan di lini tengah sehingga mereka bisa menguasai dan mengalirkan bola ke kedua sayap yang dikuasai Kevin De Bruyne dan Eden Hazard. Sementara Prancis sering melakukan serangan balik berbahaya.

Pada babak kedua, permainan tak jauh berubah, Belgia bermain dengan penguasaan bolanya. Sedangkan Prancis memanfaatkan serangan balik. Prancis mendapatkan peluang pertama pada babak kedua menit 50 melalui Olivier Giroud. Namun, tendangannya masih bisa dihalau oleh Vincent Kompany, dan hanya menghasilkan sepakan pojok. Menit 51, Berawal dari sepakan pojok hasil dari tembakan Giroud itu membawa berkah bagi Prancis.

Samuel Umtiti (tengah) menjadi pencetak gol kemenangan Prancis atal Belgia
(Foto: Dok. fifa.com)

Les Bleus berhasil mencetak gol melalui tandukkan dari Samuel Umtiti memanffatkan umpan dari Antoine Griezmann. Skor pun berubah untuk Prancis 1-0. Empat menit kemudian, Prancis kembali mendapatkan peluang untuk menggandakan keunggulan melalui Giroud, namun tendangan pemain Chelsea itu didalam kotak penalti masih bisa dihalau Chadli.

Tertinggal satu gol, Belgia menambah tekananannya, menit 65, Fellaini hampir saja bisa menyamakan kedudukan. Tapi, tandukkannya masih menipis di samping gawang Belgia.

Satu menit kemudian, Giroud kembali gagal memanfaatkan peluang untuk menambah keunggulan Prancis. Tendangannya dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang.

Menit 80, Belgia melakukan percobaan melalui Axel Witsel melalui tendangan keras terukurnya dari luar kotak penalti. Sayangnya, Hugo Lloris masih cukup tangguh untuk mementahkan tendangan Witsel. Delapan menit kemudian, giliran Lukaku yang mendapatkan pelung, namun pemain Manchester United itu gagal menyambut umpan dar Kevin de Bruyne. 

Menit 90, Griezmann mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Tapi, tendangannya masih bisa dijinakkan Courtois. Hingga wasit meniupkan pluit panjangnya, tidak ada lagi gol yang tercipta. Prancis melenggang ke final.

Susunan Pemain:

Perancis: 1-Hugo Lloris; 2-Benjamin Pavard, 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez; 13-N'Golo Kante, 6-Paul Pogba, 10-Kylian Mbappe, 7-Antoine Griezmann, 14-Blaise Matuidi; 9-Olivier Giroud

Belgia: 1-Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, 4-Vincent Kompany, 5-Jan Vertonghen; 7-Kevin De Bruyne, 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini, 19-Moussa Dembele, 22-Nacer Chadli; 10-Eden Hazard, 9-Romelu Lukaku