BREAKINGNEWS.CO.ID - Aziz Syamsudin yang kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) untuk masa bakti 2019-2023, menuturkan saat ini tim Cricket Indonesia tengah fokus hadapi Piala Dunia 2020.

Anggota Dewan Komisi III DPR RI ini mengatakan, saat ini tim Cricket Indonesia tengah melakukan berbagai persiapan-persiapan untuk mengikuti pra-kualifikasi Piala Dunia 2020 untuk cabang olahraga Cricket di Vanuatu, negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian selatan, yang akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 12 Mei 2019 mendatang.

"Event terdekat timnas Cricket Indonesia adalah mengikuti pra-kualifikasi Piala Dunia Cricket 2020 di Vanuatu, untuk bertanding dengan delapan negara, mudah-mudahan timnas Cricket kita bisa lolos dan masuk ke tahapan berikutnya untuk mencapai Piala Dunia 2020," ujar Aziz usai acara pengukuhan Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) untuk masa bakti 2019-2023, di kantor KONI Pusat, Senin (29/4/2019).

Target pertama PP PCI ialah meloloskan timnas putri ke Piala Dunia 2020. Timnas Cricket putri sudah menjalani pelatnas di Bali untuk menghadapi babak pra kualifikasi Piala Dunia 2020 di Vanuatu. Saya juga berkeinginan meningkatkan peringkat timnas Putri hingga menembus sepuluh besar dunia.

Dia menambahkan, pihaknya juga mempersiapkan timnas Putra untuk menghadapi babak pra kualifikasi Piala Dunia 2020. Sebelumnya di Filipina dan Thailand kita menduduki peringkat ke-4 dan ke-3, saat ini kami menargetkan juara atau runner up.

Terkait dengan Sea Games 2019, Aziz menerangkan bahwa mereka masih menunggu persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), apakah cabang olahraga Criket akan dipertandingkan atau tidak dalam ajang Sea Games 2019 mendatang. Akan tetapi, timnas Cricket Indonesia tetap melakukan berbagai persiapan.

"Prestasi kriket Indonesia mengalami perkembangan sangat cepat, pada SEA Games 2017 lalu di Malaysia, timnas putri untuk pertama kali meraih medali perak, sedangkan timnas putra Indonesia mendapat medali perunggu. Timnas putri juga telah menembus peringkat ke-21 dunia. Tidak hanya itu, timnas putri berhasil menembus semifinal Turnamen Women's T20 Smash di Bangkok pada Januari 2019 lalu," ujar Aziz.

Untuk saat ini event internasional yang sudah pasti akan diikuti oleh timnas Cricket Indonesia selain pra kualifikasi Piala Dunia 2020, yaitu Asian Games 2022 mendatang di Hangzhou, Zhejiang, Cina. Oleh karena itu, berbagai persiapan-persiapan baik secara teknis, materi maupun secara official terus dilakuka oleh PP PCI guna mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional dan mendapatkan hasil yang baik.