BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama pakar gempa untuk segera melakukan langkah antisipasi di daerah gempa. 
 
Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi persoalan sejumlah gempa yang terjadi Samudra Hindia sekitar Kepulauan Mentawai dan Kepulauan Nias dalam sepekan terakhir yang patut diwaspadai. Mengingat gempa tersebut kata Bambang berpotensi menimbulkan gempa besar. 
 
"Menyiapkan sistem peringatan dini," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/2/2019). 
 
Bambang juga mendorong Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan BMKG untuk terus memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai kondisi terupdate, baik melalui media cetak, siber, dan siaran, maupun SMS broadcast. 
 
Selain itu Bambang mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Gabungan Kontraktor Indonesia (GAKINDO) untuk melakukan kajian terhadap rencana pembangunan gedung-gedung tahan gempa, terutama di daerah-daerah yang rawan terhadap gempa. 
 
"Mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada serta berpedoman dari informasi badan resmi seperti BMKG, PVMBG, dan Pemerintah Daerah (Pemda), serta memperhatikan rambu-rambu evakuasi dalam penyelamatan diri," tegasnya