Turkmenistan - Kawah Darvaza, merupakan nama sebenarnya dari 'Door to Hell'. Kawah dengan lumpur mendidih dan nyala api oranye ini merupakan ladang gas alam yang terus-menerus terbakar sejak 1971, 

Menurut ahli geologi Turkmen Anatoly Bushmakin, situs tersebut diidentifikasi oleh insinyur Uni Soviet pada tahun 1971. Awalnya dianggap sebagai ladang minyak yang besar. Para insinyur membuat rig pengeboran dan operasi untuk menilai jumlah minyak yang tersedia di lokasi itu.

Segera setelah survei pendahuluan menemukan sebuah kantong gas alam di bawah tanah yang runtuh menjadi gua bawah tanah, Ahli geologi menyalakan api untuk mencegah penyebaran gas metana, dan telah terbakar terus menerus sejak saat itu. Diameter kawah adalah 69 meter (226 kaki), dan kedalamannya 30 meter.

Pada bulan April 2010, Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdimuhamedow, menyatakan bagian dari Gurun Karakum dengan cagar alam kawah dan meresmikannya menjadi objek wisata, tidak kurang dari 50.000 wisatawan telah mengunjungi situs tersebut.

Kawah gas tersebut memiliki luas 5.350 m2. Daerah sekitarnya juga populer untuk berkemah padang pasir liar. Karena keganjilannya, ini menarik perhatian pengunjung dari seluruh dunia. Ada yang mengatakan bahwa di malam hari, Anda bisa mendengar bisikan jauh di dekat lubang. Benar-benar mengerikan!