BREAKINGNEWS.CO.ID – Terkait dengan kiprah skuad Garuda di Piala AFF 2018, mantan pelatih Timnas Indonesia, Aji Santoso, ikut melontarkan komentar. Terlepas dari hasil buruk di fase grup, pasukan Merah Putih kali ini dinilai sebagai tim terbaik dalam beberapa edisi terakhir.

Tidak hanya dihuni pemain senior terbaik di Liga 1, tim arahan pelatih Bima Sakti, juga mendapat dukungan dari pemain muda terbaik yang tampil di Asian Games 2018 lalu. Dua pemain naturalisasi, Alberto Goncalves serta Stefano Lilipaly, pun jadi andalan di lini depan. Belum lagi ada pemain-pemain yang punya pengalaman bermain di pertandingan luar negeri seperti Andik Vermansah (Kedah FA) serta Evan Dimas (Selangor FA).

"Kalau secara teknis, dari segi kualitas pemain tidak masalah. Ini merupakan salah satu tim dengan komposisi pemain terbaik dari beberapa tahun terakhir semua lengkap," ujar Aji Santoso. "Ada beberapa pemain yang bermain di luar negeri dan pemain naturalisasi. Bisa dibilang Timnas Indonesia kali ini punya materi pemain sangat komplet," sambung pelatih Persela Lamongan tersebut.

Aji yang juga mantan pemain Timnas Indonesia mengaku tidak tahu penyebab kekalahan skuad Garuda di dua pertandingan tandang Piala AFF 2018. Dia juga membantah apabila tim Merah Putih tengah dilanda krisis kepemimpinan. "Saya tidak tahu soal krisis kepemimpinan karena tidak berada di dalam tim. Tetapi, seharusnya tidak terjadi karena ada Beto, Lilipaly, serta Andik yang senior. Akan tetapi, tim ini belum juga bisa menang di pertandingan tandang dan saya tidak tahu apa yang salah," terang Aji.

Walaupun demikian, Aji berharap Timnas Indonesia bisa mengalahkan Filipina di pertandingan pamungkas Grup B untuk menjaga peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2018. "Saya berharap untuk pertandingan melawan Filipina nanti harus menang karena kalau sampai kalah bisa dikatakan peluang kita untuk lolos sudah tertutup. Ditambah lagi selama ini Indonesia minimal lolos ke semifinal bahkan ke final. Jadi mudah-mudahan lawan Filipina bisa menang," tutur Aji Santoso. Indonesia saat ini berada di peringkat keempat klasemen Grup B dengan raihan tiga poin. Peluang Indonesia untuk lolos ke semifinal tergantung hasil Thailand yang akan bertanding menghadapi Filipina dan Singapura.