BREAKINGNEWS.CO.ID - Keindahan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Tak hanya wisawata lokal, wisatawan mancanegara pun telah mengakui kekayaan alam Indonesia. Salah satunya adalah Labuan Bajo yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Nama Labuan Bajo memiliki arti tempat berlabuh yang diambil dari kata Labuan dan Suku Bajo yang diambil dari kata Bajo. Suku Bajo sendiri sebenarnya merupakan suku yang berasal dari Sulawesi yang bermukim di pesisir barat Flores, Nusa Tenggara Timur.

Awalnya, Labuan Bajo merupakan pemukiman Suku Bajo, namun sekarang mereka hidup berdampingan dengan warga asli Flores. Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari sembilan desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Sebagai tempat wisata, Labuan Bajo telah ditetapkan menjadi Badan Otoritas Pariwisata (BOP). Perubahan status tersebut sesuai dengan Perpres BOP Labuan Bajo Flores, Nomor 32 Tahun 2018 Tanggal 5 April 2018.

Kebijakan tersebut juga menguatkan status Labuan Bajo sebagai destinasi wisata bagi peserta Annual Meeting IMF-World Bank 2018. Menuju ke Labuan Bajo bisa dilakukan lewat berbagai cara. Umumnya ada tiga jalur tempuh.

Darat, melalui Bali menuju ke Sumbawa Besar dengan menumpang bis. Laut, menggunakan moda transportasi kapal laut. Hanya ada dua kapal yang melayani rute Bali- Labuan Bajo yaitu KM Wilis dari Denpasar - Badas (Sumbawa) - Labuan Bajo. Selain KM Wilis, kapal KM Tilongkabila juga bisa mengantarmu ke tujuan dengan rute Denpasar - Mataram - Bima - Labuan Bajo.

Yang terakhir dan paling umum digunakan adalah naik pesawat terbang. Dengan naik pesawat terbang, jalur tempuh puluhan jam bahkan hari jika naik kapal laut atau jalur darat, bisa dipersingkat. Hal ini bisa jadi pertimbangan untuk menghemat waktu dan tenaga.

Labuan Bajo memang sangat eksotis dengan berbagai daya tarik wisata yang disuguhkan. Tidak mengherankan jika pasangan yang baru saja menikah ini memilihnya sebagai destinasi honeymoon. Momen-momen kebersamaan yang diabadikan foto-foto dengan background memesona selama berada di Labuan Bajo.