BREAKINGNEWS.CO.ID - Persija Jakarta akan bertandang ke markas tuan rumah Newcastle Jets pada laga kedua Kualifikasi Liga Champions Asia 2019. Pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Newcastle, Selasa (12/2/2019). Winger Persija, Riko Simanjuntak mengungkapkan, timnya sudah memiliki senjata untuk mematikan Newcastle Jets.

Postur Tubuh memang akan lebih menguntungkan tim tuan rumah. Namun, Riko menegaskan bahwa dirinya dan rekan-rekan tak gentar. Persija, kata Riko bakal mengandalkan kecepatan dari sektor sayap. Sebagai manay ayng mereka lakukan saat menghancurkan tuan rumah Home United pada babak pertama Kualifikasi. "Pelatih sudah berbicara sedikit tentang lawan. Mereka punya postur yang bagus, akan tetapi kami punya kecepatan. Itu harus dimaksimalkan dalam pertandingan nanti," kata Riko, Minggu (10/2/2019).

Selain kecepatan, faktor percaya diri dan kerja sama tim dikatakan Riko sangat penting dalam laga nanti. Hal itulah yang katanya bakal membantu Persija meraih kemenangan di Negeri Kangguru. "Kami harus percaya diri saja melawan mereka. Meskipun mereka memiliki postur tubuh yang bagus, namun kami punya kecepatan dan kerja sama tim. Jadi, harus yakin mampu bersaing," tegas Riko.

Jalan Terjal Persija Menuju Liga Champions Asia

Persija telah melewati fase pertama dari tiga fase yang harus dilewati menuju Liga Champions Asia 2019. Home United telah mereka taklukkan dengan skor 3-1. Newcastle Jets merupakan tim yang tengah naik daun. Performa konsisten membuat mereka mengakhiri musim lalu di peringkat kedua. Selain itu, Newcastle Jets juga memiliki pengalaman bermain di Liga Champions Asia pada 2009. Namun, langkahnya terhenti oleh Pohang Steelers (Korea Selatan). Peluang tim ibu kota mengalahkan Newcastle Jets tentunya masih terbuka karena sepak bola tidak ditentukan dengan statistik.

Belum cukup sampai disitu hadangan untuk Persija. Pada tahap akhir, alias play off, Persija sudah dinanti Kashima Antlers. Ambisi tim Ibukota meraih kemenangan diragukan karena Kashima Antlers berstatus juara bertahan. Kashima Antlers merengkuh gelar juara Liga Champions Asia pada 2018. Namun, mereka tidak bisa langsung menembus fase grup karena menghuni urutan ketiga di klasemen akhir musim lalu.

Seandainya Persija Jakarta dapat melalui pertandingan tersebut dengan kemenangan, mereka berhak tampil di Liga Champions Asia 2019. Tampilnya Persija Jakarta di Liga Champions Asia 2019 membuka harapan Bhayangkara FC untuk dapat tampil di Piala AFC 2019. Namun, jika Marco Simic dan kawan-kawan gagal di babak kualifikasi Liga Champions Asia 2019, Persija Jakarta masuk otomatis ke fase grup di Piala AFC 2019.