BREAKINGNEWS.CO.ID - Persija Jakarta akan bertandang ke markas Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 2018. Laga pekan ke-29 itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (4/11/2018). Partai ini menjadi ujian sesungguhnya bagi Macan Kemayoran setelah performa gemilang selama bulan Oktober 2018.

Pada periode itu, Persija menyapu seluruh laga dengan empat kali kemenangan. Mereka sukses menaklukkan Perseru Serui 2-1, lalu menghajar dua lawannya di kandangnya masing-masing yakni Madura United 0-1 dan Persipura Jayapura 1-2. Terbaru Marko Simic dan kawan-kawan berhasil membantai Barito Putera tiga gol tanpa balas.

Tapi tantangan baru demi terus menempel ketat PSM Makassar di puncak klasemen harus dilakoni Persija, terutama partai terdekat menghadapi Persebaya. Pelatih Persija, Stefano Cugurra akan memanfaatkan waktu yang ada agar timnya juga tampil konsisten. Hal ini dilakukan agar tren kemenangan ini terjaga.

“Kami main dengan baik, jadi saya rasa hal ini memang harus dijaga dengan cara pemain harus konsentrasi baik di latihan maupun dalam pertandingan. Setelah itu mereka harus istirahat yang cukup, karena jadwal di liga ini sangat padat, jika pemain gagal dalam istirahat mereka akan membuat tim sulit,” ujar pelatih Stefano Cugurra.

Apalagi diakui pelatih asal Brasil ini bukan sesuatu yang mudah untuk menghadapi Persebaya di kandangnya. Mengingat mereka akan didukung puluhan ribu suporter fanatiknya. “Saat dulu saya masih di Persebaya suporter Persebaya membuat kami selalu optimis dan yakin kemenangan itu mudah didapatkan. Penonton kala itu membuat tekanan ke lawan sehingga mereka kesulitan. Mungkin hanya stadion aja berbeda dulu 10 November sekarang GBT tapi pressure tetap sama itu yang kami waspadai,” tutup Teco.

Ogah Remehkan Lawan

Posisi Persija dengan Persebaya memang terpaut 11 peringkat. Jika Persija berada di peringkat kedua, Persebaya ada di peringkat ke-13. Kendati demikian, Teco, begitu sapaan akrabnya, tidak ingin meremehkan tuan rumah. Teco menilai Bajul Ijo merupakan salah satu tim kuat dan dihuni oleh para pemain berkualitas di skuatnya. “Mereka punya pemain skill, dribling bagus dan kecepatan. Waktu bertahan kita harus punya konsentrasi penuh. Waktu kita punya konsentrasi penuh, kamu punya marking yang bagus, tidak ada masalah,” ujar Teco

Meski begitu pelatih asal Brasil itu optimis anak asuhnya bisa menandingi atau bahkan bisa mencuri poin saat bermain di Stadion Gelora Bung Tomo. Hal itu tak lepas dari persiapan yang lebih matang dan torehan bagus selama bulan Oktober kemarin.

“Persiapan kami bagus kami tidak kehilangan banyak waktu. Seluruh aspek persiapan seperti recovery, taktik hingga teknik. Kami berangkat hari ini dan kami juga masih jalani satu uji coba lapangan disana,” ucapnya mengakhiri pembicaraan.