JAKARTA - Google akan mengaktifkan Android Auto Nirkabel beberapa hari lagi. Perangkat Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Nexus 5X, dan Nexus 6P yang menjalankan Android Oreo atau yang lebih tinggi dan kompatibel dengan fitur baru secara otomatis memuat Android Auto pada tampilan mobil. Ketika Anda masuk ke dalam kendaraan, Anda tidak perlu mengeluarkan ponsel dari saku atau menyambungkannya, pengguna ponsel Pixel dan Nexus secara otomatis akan terhubung melalui Wi-Fi.

Seperti dilansir dari The Verge, Sabtu (14/4/2018), perangkat Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Nexus 5X, dan Nexus 6P yang mengusung sistem operasi Android Oreo ke atas dapat menggunakan fitur tersebut, yang secara otomatis memuat Android Auto di layar head unit mobil ketika pengguna masuk ke dalam mobil. Pengguna tidak perlu mengeluarkan smartphone dari kantung atau menghubungkannya ke head unit karena seluruh perangkat tersebut secara otomatis terhubung via Wi-Fi.

Namun, sayangnya dukungan tersebut tampaknya hanya untuk pengguna yang berbasis di Amerika Utara, dan head unit yang berfungsi secara nirkabel untuk layanan tersebut adalah JVC dan Kenwood. Kedua pabrikan tersebut mengenalkan head unit yang mendukung teknologi baru ini pada ajang CES 2018 kemarin.

Google menyatakan bahwa akan lebih banyak produk yang hadir pada tahun ini, tidak ketinggalan pula dukungan untuk lebih banyak smartphone. Meski demikian, sepertinya perangkat lawas tidak dapat menangani konfigurasi nirkabel tersebut, mengingat head unit ini baru saja diumumkan.

Android Auto adalah aplikasi mobile yang dikembangkan Google sehingga memungkinkan penggunaan perangkat Android yang lebih fleksibel di dalam kendaraan yang dilengkapi dengan head unit (biasanya sistem audio). Setelah perangkat Android terhubung ke head unit, sistem tersebut dapat menampilkan aplikasi dengan antarmuka yang sederhana serta mudah digunakan pengendara di layar head unit. Antarmuka tersebut biasanya menampilkan navigasi GPS, playback musik, SMS, telepon, dan pencarian internet.