JAKARTA -- Sepanjang beberapa ribu th., beberapa ilmuWan coba mencari tahu apakah lidah mamalia dengan spesial dapat rasakan air. Pada akhirnya, saat ini peneliti temukan apa yang terlihat jadi indra ke enam di lidah yang dapat rasakan air.

" Lidah bisa mendeteksi beragam aspek nutrisisutama seperti sodium, gula, serta asam amino (protein-red) lewat rasa. Tetapi, bagaimana kita rasakan air di mulut tidak diketahuI. Banyak spesies serangga yang di ketahui mencicipi air hingga kita memikirkan kalau mamalia juga meungkin mempunyai 'mesin' yang dapat mendeteksi air, " kata pemimpin peneliti Yuki Oka, dari Institut Tehnologi California.

Pada 330 SM, filsuf Aristoteles menyebutkan kalau air tidak mempunyai rasa. Tetapi, beberapa waktu terakhir, uji coba tunjukkan kalau sisi otak yang khusus dapat merespons air. Ini tunjukkan kalau ada rasa yang dapat dideteksi oleh otak, walau lidah lidah dapat mengerjakannya. Tetapi, sayangnya hipotesis itu tidak betul-betul bertahan.

Saat ini, Oka serta timnya sudah temukan bukti reseptor rasa pada mamalia yang nampaknya dapat dengan spesial merespons rasa air minum. Dalam satu percobaan yang dikerjakan pada tikus, tim Oka mengukur tanggapan elektrik dari sel reseptor rasa (TRCs) di lidah memakai air murni sampai beragam rasa yang telah di kenal. Seperti yang diinginkan, syaraf dapat merespons lima rasa basic yaitu manis, asam, pahit, asin serta umami. Serta yang mengagetkan, syaraf juga memberi tanda jadi tanggapan pada air.

" Ini tersirat kalau sebagian sel rasa dapat mendeteksi air, " kata anggota tim Dhruv Zocchi.

Setelah itu, tim mengambil keputusan untuk 'melumpuhkan' sebagian sel reseptor rasa untuk lihat apakah tikus masih tetap merespons rasa walau syarafnya terhalang. Ilmuwan mulai tutup sensor rasa asin, umami, dan sebagainya untuk tahu efeknya pada tanggapan reseptor air. Nyatanya, saat beberapa ilmuwan memblokir lima type sel reseptor rasa jadi tanggapan pada air, ilmuwan temukan kalau persepsi air serta beberapa sel asam tidak bisa dipisahkan.

" Yang mengherankan, waktu kami memblokir sel perasa asam, tanggapan pada air juga betul-betul terhalang. Akhirnya kalau air dirasa lewat sel rasa asam, " kata dia.

Walau belum diujicobakan pada manusia, riset ini memberi deskripsi baru tentang persepsi mamalia pada rasa air. Riset ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience.

Tag