BREAKINGNEWS.CO.ID - Bagi anda penggemar kartun Jepang, tentu tidak asing dengan serial manga dan anime 'Chibi Maruko-chan'. Namun, kabar duka datang dari komikus pencipta tokoh Maruko, Momoko Sakura dikabarkan meninggal dunia akibat kanker payudara pada 15 Agustus 2018. Pencipta cerita manga dan anime tersebut menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 20.29 waktu setempat.

Dia meninggal pada usia 53 tahun. Kabar itu diumumkan oleh perusahaan yang menaunginya, Senin (27/8/2018). Theme song anime ini yang berjudul "Odoru Ponpokorin" juga melejit dan berhasil terjual hingga 1,73 juta kopi pada tahun 1990.

Pada keterangan resmi yang disampaikan melalui laman Sakura Production, Senin (27/8/2018), pemakaman Sakura hanya untuk keluarga dan sahabat. Seperti dilansir Japan Times, Sakura melakukan debut sebagai seniman manga pada 1984. Pada Agustus 1986 ia menerbitkan manga Chibi Maruko-chan di majalah manga Ribbon.

“Saya merasa sangat sedih atas kematiannya yang begitu cepat. Namun, senyuman cerah Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar di benak pembaca mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," tulis pemimpin redaksi Ribbon, Soichi Aida, dalam sebuah pernyataan yang dipasang di website majalah tersebut.

Mereka berharap karya Momoko Sakura bisa terus dinikmati hingga seterusnya. Untuk pemakamannya, atas permintaan keluarga, disebutkan hanya untuk kerabat dan kerabat dekat saja.

Momoko diketahui memulai karirnya sebagai seniman manga pada 1984 dengan menciptakan serial ‘Chibi Maruko-chan’ yang mulai ditayangkan di majalah manga, Ribbon, pada Agustus 1986.

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Momoko Sakura sempat menulis blog pada 2 Juli lalu. Dalam blognya, ia berkisah mengenai kemajuan tim sepak bola nasional Jepang di Piala Dunia FIFA di Rusia.

Serial tersebut sangat populer dan mulai dibuat dalam serial anime pada 1990. Serial anime ‘Chibi Maruko-chan’ ditayangkan tidak hanya di Jepang tetapi juga di Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Vietnam, dan tentunya Indonesia.

Penggemar dan artis manga juga menuliskan rasa kehilangannya ke media sosial. Untuk saat ini, para penggemar mengenang karya Momoka ke berbagai platform social media. Termasuk Twitter dengan berbagi fan-art dan kolaborasi yang dilakukan Sakura dengan pencipta manga populer lainnya seperti Eiichiro Oda (One Piece) dan Akira Toriyama (Dragon Ball).