JAKARTA-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membatasi jam operasional bagi truk-truk yang kerap menggunakan tol dalam kota sebagai akses setiap harinya. Hal itu dilakukan selama Asian Games yang jatuh pada bulan Agustus 2018 mendatang.

"Kami sudah rapat koordinasi dengan BPTJ, ada empat skenario yang kami usulkan di mana skenario dibutuhkan satu keputusan dari Pak Menhub (Budi Karya)," kata Wakadishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Balai kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Salah satu yang akan dibatasi operasionalnya yakni untuk jalur Cawang-Tomang-Pluit-Kembangan-Pelabuhan Merak, Cawang-Tanjung Priok, Cawang-TMII dan Cawang-Cikunir. Nantinya, truk hanya bisa melalui jalan tersebut pada pukul 22.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Strategi ini kita sedang permodelan bersama dengan BPTJ dan kemarin dijanjikan bahwa akan diterbitkan keputusan Menhub dalam hal pengabulan ini," ujar Sigit. Selain pembatasan truk, Dishub juga akan memberlakukan kebijakan sistem ganjil genap di seluruh tol dalam kota yang meliputi Cawang-Tomang-Pluit, Cawang-Tanjung Priok dan Tol Pelabuhan.

Sigit memastikan secara manajemen dan rakayasa lalu lintas itu bisa menjadi solusi untuk mengurangi kepadatan kendaraan khususnya di jalan tol saat Asian Games berlangsung terlebih sudah dijanjikan surat keputusan dari Kemenhub.