BREAKINGNEWS.CO.ID - Menjelang debat capres dan cawapres nanti malam, ada beberapa hal penting yang mesti menjadi perhatian serius para kandidat capres dan cawapres. Yang pertama adalah pemetaan masalah. Debat nanti malam akan mengangkat empat isu penting diantaranya adalah isu hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

"Para kandidat capres dan cawapres harus menjelaskan dengan baik setiap isu di atas. Uraian yang singkat, padat dan jelas menunjukan bahwa mereka memahami persoalan dan dapat menjelaskan secara sederhana, sehingga publik dengan mudah mencerna," kata Direktur Indopolling Network Wempy Hadir kepada Breakingnews.co.id saat dihubungi, Kamis (17/1/2019).

Retorika yang berlebihan dan penjelasan yang panjang, menurutnya akan menyulitkan penoton untuk memahami apa sesungguhnya dimaksudkan oleh kandidat capres dan cawapres tersebut. "Jadi, sangat penting ditekan untuk menjelaskan setiap isu secara sederhana namun tetap masuk pada substansi persoalan," ujarnya.

Yang kedua, lanjut Wempy, adalah memberikan tawaran solusi. Kalau persoalan tersebut di atas dipahami dengan baik, maka tentu akan sangat mudah untuk menentukan jalan keluar atas berbagai persoalan tersebut. Tidak mungkin sebuah persoalan dapat diselesaikan tanpa mengetahui secara detail apa menjadi inti persoalan.

"Oleh karena itu, setiap capres dan cawapres baik pasangan nomor urut 01 maupun pasangan nomor urut 02 untuk dapat menggunakan kesempatan yang terbatas tersebut untuk menjelaskan secara singkat, jelas, padat dan mudah dipahami. Retorika yang berlebihan akan membuat penonton sulit mencerna point penting yang disampaikan oleh masing-masing kandidat," tuturnya.

Untuk itu, dirinya pun berharap jika debat pertama ini berbeda dengan debat yang sudah pernah dilakukan pada pilpres sebelumnya. Dirinya meyakini ada kemajuan dari kedua paslon. Terlebih keduanya merupakan kompetitor pada 2014 lalu.

"Saya berharap, bahwa debat nanti malam berbeda dari debat pilpres pada periode sebelumnya. Saya yakin akan ada kemajuan, apalagi keduanya merupakan kompetitor pada pilpres 2014 yang lalu. Semoga debat kali ini memberikan informasi baru bagi pemilih terhadap masalah di atas dan mencari jalan keluar yang terbaik," terangnya.

Sebagai informasi, debat pertama Pilpres 2019 ini akan berlangsung pada pukul 20.00 WIB. Debat ini sendiri juga disiarkan secara langsung oleh Kompas TV, TVRI, RRI dan RTV.