BREAKINGNEWS.CO.ID -   Pelindo Marine Service anak perusahaan PT Pelindo III (Persero) melakukan inovasi dengan memproduksi kontainer mini bernama Minicon. Kontainer mini berdimensi 6 feet mulai diuji coba pada pekan ini dengan tujuan pengiriman barang hingga desa-desa di Kecamatan Essang, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Kontainer mini memiliki banyak kelebihan, yakni dapat dilipat dan masuk ke kontainer 20 feet, mempunyai kapasitas 3 ton per kontainer, tidak perlu ada stuffing dan stripping lagi di pelabuhan, bersifat end to end dari gudang penjual ke pembeli, serta sanggup menjangkau daerah terpencil.

Uji coba program kontainer masuk desa akan menentukan keputusan Dirut Pelindo III, Doso Agung, untuk memproduksi secara komersial kontainer mini yang sejauh ini baru sampai tahap purwarupa (prototype).  "Rencana produksi tergantung permintaan market, tapi sanggup memproduksi 1.000 kontainer dalam waktu 3 bulan," kata Direktur Utama Pelindo Marine Service Eko Hariyadi dalam siaran pers, Rabu (10/4/2019).

Selanjutnyan dalam  Program Kontainer Masuk Desa dilakukan dengan mengirimkan 3 ton beras. Pemerintah menjajaki penyelenggaraan angkutan logistik tol laut bukan hanya dari pelabuhan ke pelabuhan (port to port), tetapi langsung sampai ke konsumen (end to end).

Program kontainer masuk desa merupakan sinergi PT Pelni sebagai operator kapal, PT Pelindo Marine Service sebagai penyedia kontainer mini, Perum Bulog sebagai pemasok produk, dan BUMDes sebagai distributor produk.

Kemenhub menyiapkan kapal perintis milik negara dengan ukuran 200 GT hingga 2.000 GT dengan kapasitas angkut 30.000 penumpang, untuk membawa logistik ke daerah-daerah hinterland yang tidak bisa dijangkau oleh kapal tol laut.