BREAKINGNEWS.CO.ID - Penyegaran kembali terjadi di jajaran direksi PT Pelabuhan Indonesia. Sejumlah nama baru kini mengisi jajaran direksi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, III dan IV. Perubahan di Pelindo III tentu disambut baik oleh Doso Agung, Direktur Utama Pelindo III, yang bulan Sepetmber lalu menduduki pos barunya.

Namun perubahan yang terjadi di Pelindo I, II dan IV itu justru tidak menyentuh Pelindo II, yang merupakan BUMN pelabuhan terbesar di Indonesia. Tak ada perubahan di Pelindo II yang berpusat di Tanjung Priok ini menjadi salah satu tanda tanya besar. Pasalnya beberapa petinggi atau direksi Pelindo II yang sebenarnya sudah harus mempersiapkan masa purna tugasnya. 

Berikut daftar direksi baru di 3 operator pelabuhan pelat merah tersebut:

Pelindo I

Melalui SK nomor 288/MBU/11/2018 Ihsanuddin Usman diangkat sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo I. Ihsanuddin Usman sebelumnya adalah SVP Human Capital Development PT Pertamina.

Pelindo III

Melalui SK nomor 289/MBU/11/2018 Putut Sri Mulyanto didaulat sebagai Direktur Operasi dan Komersial, serta Toto Nugroho sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III.

Putut Sri Mulyanto sebelumnya adalah Direktur Utama PT Pelindo Marine Services (PMS), sedangkan Toto Nugroho sebelumnya adalah Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC) PT Pertamina.

Pelindo IV

Melalui SK nomor 290/MBU/11/2018 menetapkan Prakosa Hadi Takariyanto sebagai Direktur Teknik, serta Tony Hajar Andenoworih sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo IV.

Prakosa Hadi Takariyanto sebelumnya adalah General Manager Departemen Investasi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Sementara, Tony Hajar Andenoworih sebelumnya adalah Direktur Utama PT Multi Terminal Indonesia (MTI), anak perusahaan Pelindo II.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah menyampaikan bahwa kebijakan ini tak lain untuk pengembangan Pelindo. "Jajaran direksi dan komisaris harus semakin lebih baik, kompak dan lebih harmonis," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Selasa (6/11/2018).

Sementara itu, Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Hambra menambahkan, tim Pelindo saat ini kian beragam. "Ada yang dari internal, antar Pelindo dan ada juga yang dari BUMN lain, diharapkan jangan lagi melihat asal dari mananya melainkan kita melihat dari keluarga besar BUMN yang mengabdi di BUMN sebagai satu ekosistem, itu harapan kami."