BREAKINGNEWS.CO.ID - HMD Global akan turut memeriahkan pameran industri di Jerman, Internationale Funkausstellung Berlin (IFA) 2018. Perusahaan dilaporkan akan mengumumkan smartphone flagship, Nokia 9, dalam acara tersebut.

Seperti dilansir dari Phone Arena, Jumat (29/6/2018), smartphone baru Nokia itu dikembangkan dengan nama "AI Plus" atau "A1P".

Berdasarkan namanya, smartphone dinilai mirip dengan flagship Nokia 8 Sirocco yang diumumkan di MWC 2018 dan memiliki kode nama A1N.

Sejauh ini, pihak HMD Global belum memberikan bocoran tentang smartphone ini. Namun sebelumnya, beredar informasi bahwa smartphone itu akan disokong prosesor octa-core Snapdragon 845.

Selain itu, Nokia 9 juga akan memiliki kualitas kamera yang lebih baik dibandingkan Sirocco. Keunggulan lain smartphone ini yaitu memiliki fitur pemindai sidik jari di dalam layar.

Menurut laporan, HMD Global akan merilis Nokia 9 secepatnya setelah IFA 2018 usai. Smartphone juga akan langsung meluncur di pasar dengan OS Android 9.0 P.

HMD Global terus memenuhi janjinya memberikan pembaruan sistem untuk jajaran smartphone Nokia. Kali ini, perusahaan mulai merilis program beta Android P untuk empat produknya, yakni Nokia 6.1, Nokia 7, Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco.

Peluncuran perdana program beta tersebut dirilis untuk pengguna Nokia di Tiongkok. Pendaftaran dibuka di media sosial Baidu antara 21 Juni dan 24 Juni 2018.

Pengguna Nokia tidak perlu memberikan informasi tentang mereka di situs web resmi Nokia. Sebaliknya, mereka harus membalas pesan Nokia dengan keterangan soal jaringan operator, nomor telepon, dan pengalaman dalam program beta yang pernah dirasakan sebelumnya.

Tidak ada keterlibatan layanan Google dalam program beta tersebut. Hal ini disebabkan Google memiliki akses terbatas untuk beroperasi di Tiongkok, sehingga divisi Nokia di negara itu memilih mendistribusikan program Beta dari Android P melalui Baidu.

Adapun empat smartphone Nokia yang bisa mencicipi program beta ini merupakan perangkat yang dirilis pada 2017 dan 2018. Nokia 6.1, Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco diumumkan pada awal tahun ini, sedangkan Nokia 7 pada akhir kuartal 2017.

Sejak merilis smartphone Nokia tahun lalu, HMD Global berjanji perangkat besutannya hadir dengan keunggulan dari sisi software. Selain mengusung antarmuka ala Android Stock, pembaruan versi baru juga dipastikan rilis untuk perangkat Nokia.

Oleh sebab itu, HMD Global pada bulan lalu kembali menegaskan komitmen tersebut. Perusahaan asal Finlandia itu memastikan seluruh perangkat yang ada di pasaran akan mendapat pembaruan ke Android P.

Kepastian pembaruan ini juga berlaku untuk tiga model anyar yang baru diumumkan beberapa waktu lalu, yakni Nokia 2.1, Nokia 3.1, dan 5.1. Rencananya, pembaruan itu akan bergulir setelah Google resmi merilis Android P pada pertengahan tahun ini.

Tak hanya itu, perusahaan juga mengumumkan jadwal perilisan Android 8.1 Oreo untuk Nokia 2. HMD Global akhirnya memastikan pembaruan untuk Nokia 2 akan meluncur pada Juni 2018.

Dengan kata lain, seluruh smartphone Android Nokia yang ada saat ini hampir dapat dipastikan mendapat dua kali pembaruan versi Android. Saat ini, hampir seluruh perangkat Nokia sudah menjalankan Android Oreo.